Manfaat Susu Kambing untuk Cegah Virus Masuk, Ini 9 Kandungan yang Ada di Dalamnya

Jumat, 27 Maret 2020 15:35 Reporter : Dimas Putra Mandegani
Manfaat Susu Kambing untuk Cegah Virus Masuk, Ini 9 Kandungan yang Ada di Dalamnya manfaat susu kambing. © boldsky.com

Merdeka.com - Dilihat dari popularitas, tentunya susu sapi jauh lebih populer daripada susu kambing. Di pasaran susu sapi tentu lebih unggul dari susu kambing.

Susu kambing memiliki kandungan-kandungan yang bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Namun, apakah aman bagi kesehatan?

Tidak hanya susu sapi saja yang punya khasiat untuk tubuh. Berikut 9 manfaat susu kambing dikutip dari sthelensfarm.co.uk.

1 dari 9 halaman

Sedikit Alfa S1-Kasein

ilustrasi anak minum susu

Shutterstock.com

Sudah banyak diketahui bahwa protein penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan perkembangan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa, banyak orang tidak mengonsumsi susu sapi karena adanya unsur alfa S1-kasein yang menyebabkan alergi susu.

Walaupun susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang menyediakan 6 gram per 200 ml penyajian, susu kambing memiliki tingkat alfa S1-kasein jauh lebih rendah daripada susu sapi.

Hal terpenting yang perlu diketahui adalah mengonsumsi susu kambing tidak dianjurkan bagi siapapun yang didiagnosis alergi susu sapi. Beberapa protein dalam susu kambing cukup mirip dengan susu sapi. Jika anda memiliki alergi susu sapi, sebaiknya meminta anjuran dari dokter.

2 dari 9 halaman

Kandungan Protein dan Lemak yang Berbeda

ilustrasi lemak

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Kandungan lemak susu kambing mirip dengan susu sapi (3,5% untuk keseluruhan, 1,6% untuk semi-skim dan hanya 0,1% untuk skim) dan gumpalan lemaknya secara alami jauh lebih kecil.

Komposisi protein susu kambing penting untuk tubuh karena dapat membentuk fermentasi yang lembut sehingga memperlancar proses pencernaan. Maka dari itu salah satu manfaat susu kambing adalah memperlancar pencernaan.

3 dari 9 halaman

Kandungan Laktosa Rendah

susu

boldsky.com

Susu kambing mengandung lebih sedikit laktosa (gula alami yang ditemukan dalam susu dan makanan olahan susu lain) daripada susu sapi.

Hal ini merupakan jawaban yang menjelaskan mengapa beberapa orang mengalami sensitivitas terhadap laktosa dapat mengonsumsi susu kambing tanpa efek samping apapun.

4 dari 9 halaman

Kaya Kalsium

susu kalsium

2012 Merdeka.com


Manfaat susu kambing dapat diperoleh karena di dalamnya terkandung banyak kalsium. Tiga porsi (200 ml) susu kambing dapat mendukung lebih dari 100% kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Kalsium dalam susu kambing lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh daripada kalsium di makanan lain.

Kalsium berguna untuk mengembangkan dan memelihara tulang dan gigi, membantu mendukung fungsi otot normal dan pembekuan darah normal. Selain itu kalsium juga mampu membantu tubuh untuk menghasilkan energi lebih banyak.


5 dari 9 halaman

Ramah Tekanan Darah

darah

2018 Liputan6.com

Manfaat susu kambing lainnya adalah ramah tekanan darah. Produk susu kambing dan yoghurt adalah sumber kalsium dan kalium yang masing-masing menyumbang 30% dan 17% dari Nilai Referensi Nutrisi (NRV) setiap 200 ml.

Dua mineral tersebut penting untuk menurunkan tekanan darah. Tentunya manfaat susu kambing satu ini cocok untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi.



6 dari 9 halaman

Sumber Vitamin Kunci

kambing

boldsky.com

Satu porsi susu kambing berukuran 200 ml memberikan 14% NRV untuk vitamin B5 (asam pantotenat). Vitamin ini mampu menghasilkan energi dan mengurangi kelelahan.

Selain itu, susu kambing mengandung 12% NRV biotin yang penting untuk menyehatkan sistem saraf, kulit dan rambut. Selain itu, 11% NRV untuk vitamin A yang terkandung dalam susu kambing juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata dan kulit.

7 dari 9 halaman

Minim Kolesterol

kolesterol

2020 Merdeka.com


Susu kambing memiliki tingkat kolesterol yang jauh lebih rendah daripada susu sapi murni. Kandungan skim dan semi skim menjadikan susu kambing sebagai alternatif yang baik untuk dikonsumsi.

Terutama untuk anda yang memperhatikan asupan lemak dan lemak jenuh, serta kadar kolesterol. Karena kandungan kolesterolnya yang sedikit, ada banyak manfaat susu kambing yang bisa diperoleh.


8 dari 9 halaman

Memiliki Kandungan Mineral Lainnya

tubuh

www.grouponworks.com

Jika anda mengonsumsi satu porsi berukuran 200 ml, manfaat susu kambing akan lebih terasa. Susu kambing memberikan lebih dari seperempat (180mg) NRV untuk fosfor yang berguna untuk membantu membangun dan mempertahankan tulang dan gigi yang kuat serta melepaskan energi dari makanan.

Susu kambing juga membantu memenuhi kebutuhan yodium harian yang berguna untuk menghasilkan hormon tiroid seperti tiroksin. Hormon tiroksin ini berguna untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap prima.

Mengonsumsi susu kambing juga penting untuk saraf dan otot karena menyediakan 17% NRV atau sekitar 340 mg kalium. Kalium tersebut juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Susu kambing juga merupakan sumber klorida, yang menyediakan 38% NRV untuk setiap porsi berukuran 200 ml. Klorida ini bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan tubuh.

9 dari 9 halaman

Mengandung Prebiotik

kambing

The Spruce

Susu kambing mengandung lebih banyak oligosakarida (karbohidrat yang tidak dapat dicerna) daripada susu sapi, dengan jumlah dan struktur yang sama dengan yang ditemukan dalam susu manusia.

Hal ini dapat menjadi prebiotik dalam usus dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Susu kambing juga mengandung mikrobioma usus yang bermanfaat untuk pertumbuhan bakteri usus.

Terbukti susu kambing aman untuk dikonsumsi. Kandungan-kandungan di dalamnya baik untuk sistem imun tubuh, hal ini bisa meminimalisir virus masuk ke dalam tubuh.

[dim]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini