Tanpa disadari, 5 kebiasaan ini bikin varises bermunculan

Sabtu, 12 Agustus 2017 15:56 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi varises. Shutterstock/Tibanna79

Merdeka.com - Varises yang terjadi akibat pembuluh darah muncul ke permukaan kulit bisa menjadi hal yang tidak sedap untuk dipandang. Terutama bagi para kaum hawa. Oleh karena itu mereka menghindari kebiasaan yang bisa memancing munculnya varises seperti contoh berikut ini.

Berdiri berjam-jam
Tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu untuk berdiri lama bisa menyebabkan varises. Sebab berdiri dalam waktu lama akan membuatmu menempatkan berat badan hanya di 1 tempat saja. Hal ini menyebabkan darah berkumpul dan melemahkan pembuluh darah hingga akhirnya muncul varises.

Duduk lama
Selain berdiri, duduk berjam-jam juga memberikan efek yang sama. Penyebabnya karena saat duduk, kamu berada di posisi yang sama pula. Oleh karena itu sebaiknya kamu variasikan dengan gerakan lain saat kamu duduk terlalu lama.

Memakai sepatu hak tinggi
Berjalan atau berdiri dengan sepatu hak tinggi membuat aliran darah berhenti di betis. Hal ini menyebabkan stagnansi dan pembuluh darah membesar. Varises pun muncul karenanya.

Konsumsi makanan tinggi garam
Konsumsi makanan yang tinggi garam menyebabkan retensi air yang tinggi di tubuh. Hal ini akan meningkatkan tekanan di pembuluh darah, membuatnya jadi besar, dan berkembang jadi varises.

Menyilangkan kaki
Duduk dengan menyilangkan kaki akan memberikan tekanan di pinggul. Hal ini membuat pembuluh darah membesar dan akhirnya berkembang menjadi spider veins.

Varises memang bukan penyakit berbahaya. Namun bisa merusak penampilan dan berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih parah di kemudian hari. Oleh karena itu sebaiknya jauhi beberapa faktor yang bisa membuatmu mengalami varises. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.