Tak hanya kurang serat, 6 kebiasaan ini juga bisa bikin kamu sembelit

Jumat, 17 November 2017 04:13 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Tak hanya kurang serat, 6 kebiasaan ini juga bisa bikin kamu sembelit Ilustrasi buang air. boldsky.com

Merdeka.com - Selama ini penyakit sembelit erat kaitannya dengan kurangnya konsumsi makanan berserat. Sebab serat akan meningkatkan pergerakan usus serta mendorong keluarnya kotoran dengan mudah.

Well, selain kurang serat, menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, kebiasaan berikut ini juga bisa membuatmu mengalami sembelit atau sulit untuk buang air besar.

1 dari 6 halaman

Waktu makan yang tidak teratur

Penyebab konstipasi. thehealthsite.com

Karena alasan kesibukan, banyak masyarakat urban yang memiliki jadwal makan tidak teratur dan menggantinya dengan ngemil. Hal ini akan mengakibatkanmu kehilangan nutrisi, termasuk serat. Sebab biasanya makanan yang kamu konsumsi berupa junk food yang tinggi karbohidrat dan lemak yang mempengaruhi konsistensi kotoran. Akibatnya kamu pun kesulitan untuk buang air besar.

2 dari 6 halaman

Terlalu banyak minum kafein

Penyebab konstipasi. thehealthsite.com

Minum kopi memang bermanfaat untuk membuat mata melek dan bersemangat untuk memulai hari.

Namun ingat, jangan terlalu banyak dalam mengonsumsinya. Sebab selain bisa membuat jantungmu berdetak kencang, terlalu banyak konsumsi kafein dalam bentuk teh, kopi, atau minuman bersoda bisa membuatmu mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa berujung dengan konstipasi karena tubuh kekurangan air yang kemudian mengubah konsistensi tinja hingga sulit untuk dikeluarkan.

3 dari 6 halaman

Minum alkohol

Penyebab konstipasi. thehealthsite.com

Membuatmu sulit buang air besar menambah 1 lagi efek buruk dari minum minuman beralkohol. Sebabnya alkohol bersifat diuretik alias akan menguras cairan tubuh hingga pada akhirnya akan membuatmu mengalami konstipasi.

4 dari 6 halaman

Merokok

Penyebab konstipasi. thehealthsite.com

Merokok juga menjadi contoh kebiasaan paling tidak menyehatkan untuk tubuh. Termasuk juga bisa mengakibatkan sembelit karena kandungan nikotin di dalamnya. Jika nikotin terus menerus menumpuk dalam tubuh maka organ pencernaan bisa terganggu dan salah satu dampak buruknya adalah sulit buang air besar.

5 dari 6 halaman

Kurang minum air putih

Penyebab konstipasi. thehealthsite.com

Air sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran proses buang air besar. Namun ketika kamu kurang minum air putih hingga berakhir dengan hilangnya cairan tubuh, maka kamu bisa mengalami sulit buang air besar.

6 dari 6 halaman

Gaya hidup tidak sehat

Penyebab konstipasi. thehealthsite.com

Gaya hidup yang tidak sehat menyangkut dengan pola makan tidak teratur, kurangnya olahraga, atau kurangnya waktu untuk istirahat akan merusak jam alami tubuh. Salah satu akibatnya adalah kacaunya sistem pencernaan yang mengakibatkanmu mengalami sulit buang air besar.

Sembelit tak selalu terjadi karena kamu kurang serat. Bisa jadi salah satu faktor di atas jadi sebabnya. Meski begitu, tetap penuhi kebutuhan serat harianmu dan hindari melakukan kebiasaan di atas agar buang air besar selalu lancar setiap harinya. [feb]

Baca juga:
Efek buruk pada tubuh saat kamu kebanyakan makan serat
Wajib tahu! 8 Makanan terbaik untuk atasi konstipasi
Lakukan ini jika kamu belum BAB selama 3 hari
Jangan suka telat makan agar tak mengalami 7 hal ini
Meski lapar banget dan perut kosong, kamu tak boleh konsumsi 6 makanan ini

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini