Stres yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Timbulkan Masalah Kepribadian pada Buah Hati

Selasa, 10 September 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Stres yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Timbulkan Masalah Kepribadian pada Buah Hati Ilustrasi ibu hamil cemas. Shutterstock/Sasilssolutions

Merdeka.com - Menjaga diri dari terjadinya stres merupakan hal yang penting untuk dilakukan semua orang. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan mereka baik secara mental maupun fisik.

Pada ibu hamil, menjauhkan diri dari terjadinya stres merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini tidak hanya karena tekanan fisik dan mental yang mungkin menyerang tubuh mereka saja.

Lebih dari masalah pada sang ibu, stres yang dialami ibu hamil bisa berdampak pada anak yang mereka kandung. Dilansir dari NY Post, sebuah penelitian mengungkap bahwa ibu hamil yang memiliki stres, cenderung bakal memiliki anak dengan masalah kepribadian.

Tekanan yang muncul secara ringan hingga sedang bisa meningkatkan risiko masalah pada anak ini hingga tiga kali lipat. Masalah yang dialami oleh anak ini mungkin mereka alami sebelum berusia 30 tahun.

Penelitian ini telah dipublikasikan pada British Journal of Psychiatry. Pada ibu hamil yang mengalami stres parah, risiko masalah pada anak ini bisa meningkat hingga 10 kali lipat.

1 dari 3 halaman

Stres pada Ibu Hamil Pengaruhi Perkembangan Otak Janin

Peneliti menyebut terjadinya hal ini disebabkan karena dampak yang terjadi terhadap otak anak. Stres pada ibu hamil bisa menyebabkan masalah pada perkembangan otak, anak yang dikandungnya.

Selain karena masalah stres, penelitian ini dilakukan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor pada ibu hamil. Faktor yang dipertimbangkan pada penelitian ini termasuk apakah sang ibu merokok, mengalami stres, atau memiliki riwayat masalah mental.

2 dari 3 halaman

Terdapat Faktor Lain yang Berpengaruh

Terdapat 3.626 wanita di Finlandia yang menjadi narasumber penelitian mengenai kesehatan mental saat hamil. Di antara bayi yang lahir, sekitar 40 memiliki masalah kepribadian.

Pada penelitian ini, diketahui faktor lain yang berperan terhadap munculnya masalah kepribadian ini. Beberapa yang berdampak adalah trauma pribadi serta kekerasan seksual yang mereka alami.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Mencegah Stres pada Ibu Hamil

"Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya menjaga dan mendukung kesehatan mental serta stres bagi wanita hamil selama masa antenatal dan pascanatal," terang Ross Brannigan dari Royal College of Surgeons, Irlandia.

Hasil penelitian ini merupakan petunjuk mengenai pentingnya ibu hamil untuk terhindar dari stres. Kondisi ibu hamil yang bebas masalah ini bisa membantu buah hati yang dikandung terbebas dari masalah di kemudian hari. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini