KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Saffron, si bunga cantik yang bermanfaat untuk redakan depresi

Jumat, 21 April 2017 16:08 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi saffron. boldsky.com

Merdeka.com - Penelitian kesehatan terbaru menemukan bahwa depresi akan menjadi gangguan kesehatan berbahaya kedua setelah obesitas. Sebabnya depresi mampu membahayakan kesehatan fisik maupun mental.

Nah, bagaimana agar kamu bisa terhindar dari depresi? Jawabannya tentu saja adalah dengan mengelola stres agar tidak keterusan menjadi depresi. Selain itu, sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com mengatakan bahwa depresi bisa diobati dengan saffron, si bunga cantik yang juga berfungsi sebagai rempah-rempah.

Ingin tahu lebih banyak tentang saffron? Ini penjelasannya.

  • Saffron telah lama digunakan untuk mengobati depresi sejak jaman Persia kuno. Sebabnya kandungan senyawa alami dalam saffron seperti crocin dan safranal bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon serotonin, norepinefrin, dan dopamin dalam tubuh yang membuat suasana hati jadi stabil.
  • Selain untuk mengobati depresi, saffron juga bermanfaat untuk mempertajam penglihatan dan memperlambat terjadinya degenerasi makula di usia tua.
  • Bagi wanita, saffron bermanfaat untuk mengurangi kram menstruasi, gejala PMS, aterosklerosis, serta sindrom metabolik.
  • Beberapa penelitian mengklaim bahwa saffron mampu menyembuhkan disfungsi ereksi bagi pria.
  • Penyakit lainnya yang bisa diobati dengan konsumsi saffron adalah peradangan, nyeri, masalah perut, tekanan darah, batuk, serta gejala asma.
  • Gangguan kesehatan lain seperti multiple sclerosis, Parkinson, insomnia, kegelisahan, kehilangan ingatan dan kanker juga bisa dicegah dengan konsumsi saffron.
  • Kandungan asam crocetinic yang ada dalam saffron bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker di pankreas.

Meski sehat, konsumsi saffron dalam jumlah tinggi juga bisa membahayakan kesehatan. Sehingga kamu disarankan hanya boleh mengonsumsinya 29 mg per hari. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.