Ini bisa jadi kabar buruk bagi Anda yang seorang alkoholik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Loyola University Medical Center di Amerika Serikat menyebutkan bahwa alkohol akan membuat kalus (zat yang membentuk tulang) kurang termineralisasi sehingga tulang pun menjadi lemah dan mengalami gangguan pembentukan.Penelitian yang dilansir dari foxnews.com ini juga menyebutkan bahwa alkohol akan menghasilkan bahan kimia yaitu radikal bebas. Radikal bebas ini apabila dibiarkan menumpuk akan merusak fungsi sel normal sehingga mengganggu pertumbuhan tulang.Selain itu alkohol juga akan menyerang osteopontin. Osteopontin bersamaan dengan protein lain yang disebut dengan SDF-1 berfungsi untuk membentuk sel-sel induk menjadi sel-sel tulang. Apabila osteopontin rusak, maka tulang pun akan terganggu.Khusus Anda yang sudah dewasa memang diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Namun batasi asupannya dalam tubuh Anda karena minuman beralkohol dapat merusak pertumbuhan tulang Anda.
Ternyata, minuman beralkohol melemahkan tulang
Kurangi konsumsi minuman beralkohol demi kesehatan tulang Anda
Advertisement
Rekomendasi