Punya Gigi Sensitif? 4 Cara ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Minggu, 28 Juni 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Punya Gigi Sensitif? 4 Cara ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya Ilustrasi sakit gigi. ©Livestrong.com

Merdeka.com - Sakit yang menusuk pada gigi kerap muncul ketika mengonsumsi permen, minuman dingin, atau minuman panas. Hal yang muncul ini merupakan salah satu tanda adanya gigi sensitif.

Dilansir dari The Health Site, gigi sensitif merupakan kondisi yang disebabkan oleh iritasi saraf di gigi. Gejala yang dikenal sebagai hipersensitif dental ini dapat menyebabkan rasa tidak makan ketika mengonsumsi minuman dingin atau panas, makanan dan minuman manis, serta makanan atau minuman asam.

Terdapat berbagai hal yang menyebabkan munculnya gigi sensitif yang cukup menyiksa ini. Lantas bagaimana cara menyiasati jika gigimu sudah terlanjur sensitif Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati gigi sensitif yang kamu miliki.

1 dari 2 halaman

Memilih Sikat Gigi yang Tepat

"Kamu sebaiknya memperhatikan apakah kamu menggunakan sikat gigi dengan jenis soft dan jangan mencoba yang lebih keras. Selain itu sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter mengenai cara menyikat gigi yang tepat," jelas dr Jyoti Deshpande, orthodontist dari Dent-O-Pearrl clinic, Mumbai.

Gunakan Pasta untuk Gigi Sensitif

Selain sikat gigi, pasta gigi yang digunakan juga harus benar-benar diperhatikan. Beberapa pasta gigi dapat menyebabkan munculnya rasa sensitif pada gigi namun terdapat jenis tertentu yang tetap aman dan nyaman digunakan bagi orang dengan gigi sensitif.

2 dari 2 halaman

Air Garam

Mencampur garam dengan air dapat menjadi pilihan yang baik bagi mulut untuk berkumur. Melakukan hal ini dapat membantu mengusir rasa sakit akibat gigi sensitif. Hal ini dapat terjadi karena garam merupakan antiseptik alami yang mampu mencegah pembengkakan.

Memeriksakan Gigi secara Rutin

Pastikan kamu memeriksakan gigi secara rutin setuap tiga bulan sekali. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah gigi yang mungkin atau tengah kamu alami. [RWP]

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Sakit Gigi Dapat Berakibat Pada Pusing
Masalah Kejiwaan Rentan Mendorong Lahirnya Sariawan
Periksa Mulut Secara Rutin Bisa Hindarkan Kamu dari Kanker Mulut
Jika Alami Kondisi Sariawan Namun Tak Sakit, Waspada Adanya Kanker
Bukan Permen, Roti Adalah biang Kerok Masalah Gigi pada Anak Kecil
Gigi Hitam pada Anak itu Wajar Terjadi dan Bukan Pembusukan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Mulut Dan Gigi
  3. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini