Pentingnya Kualitas Tidur yang Baik Sebelum Melakukan Olahraga Pagi

Jumat, 15 Juli 2022 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pentingnya Kualitas Tidur yang Baik Sebelum Melakukan Olahraga Pagi ilustrasi berlari. ©pixabay.com

Merdeka.com - Kualitas tidur yang baik merupakan hal yang bisa sangat mempengaruhi kualitas hidup kita. Kondisi ini bahkan bisa saat berpengaruh pada saat kita hendak melakukan olahraga berlari pada pagi hari.

"Sebetulnya setiap pelari harus punya kesadaran sendiri untuk mereka aware tentang kesehatannya. Dimulai dari ketika dia bangun pagi. Kalau bangun pagi merasa kleyengan, artinya deep sleep-nya kurang," jelas pelatih dan pelari senior Hendri Pardede beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Hendri menjelaskan, tidur juga merupakan salah satu bagian dari latihan. Namun, poin ini banyak dilewatkan seseorang sebelum mulai berolahraga terutama berlari. Jika seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami detak jantung yang tinggi.

Apabila dipaksakan untuk berlari, Hendri mengatakan bahwa kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung hingga kematian.

2 dari 2 halaman

Pastikan Bangun Pagi dengan Segar

"Jadi kalau harus bangun pagi sebelum lari atau latihan itu pastikan ketika kita bangun itu kita sehat, kita segar. Karena ingat, dalam berlari tidur juga bagian dari latihan. Banyak pelari miss di sini. Mereka kurang tidur tapi latihan. Akhirnya heart rate-nya tinggi. Nggak heran banyak yang jantung segala macam," kata Hendri.

"Ini yang harus kita sosialisasikan. Tidur itu bagian dari latihan. Kalau begadang bahaya. Jangan lari besoknya. Nanti bisa kleyengan, heart rate-nya bisa tinggi," pungkasnya.

Selain kualitas tidur yang baik, Hendri juga menyarankan untuk melakukan peregangan dan pemanasan. Hal ini bisa mencegah cedera yang mungkin terjadi pada saat berlari. [RWP]

Baca juga:
Ketahui Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita Secara Fisik dan Mental
Pria dan Wanita Ternyata Miliki Jam Optimal Olahraga yang Berbeda, Ini Penjelasannya
Cegah Kelelahan saat Bekerja, Ini 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan
Jangan Terus Paksa Anak Habiskan Makanan demi Cegah Obesitas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini