KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ini dia 5 pengobatan herbal untuk atasi rambut rontok

Jumat, 5 Februari 2016 19:06 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi bawang merah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Olha Afanasieva

Merdeka.com - Tak hanya bagi wanita, rambut juga menjadi pelengkap penampilan fisik bagi pria. Itulah sebabnya untuk membuat penampilan Anda terlihat maksimal, memiliki rambut yang sehat, kuat, serta berkilau merupakan sebuah keharusan.

Masalahnya, ada beberapa masalah rambut yang bisa mendera Anda. Dan masalah yang paling umum adalah rambut rontok. Entah karena styling yang berlebihan atau akar rambut yang lemah, maka rambut bisa saja rontok dengan mudahnya. Nah, daripada mencoba pengobatan kimia yang bisa menimbulkan efek samping, berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi rambut rontok.

Bawang merah
Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang merah juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati rambut rontok. Hal ini disebabkan karena bawang merah mengandung senyawa yang disebut dengan quercetin yang memiliki kemampuan besar dalam menutrisi kulit kepala serta melancarkan sirkulasi darah di dalam kulit kepala.Ketika teraliri darah dengan baik, senyawa tersebut akan bekerja dengan cara menyehatkan folikel rambut dengan vitamin yang dibutuhkannya. Sehingga bermanfaat untuk menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokan.

Gentiana
Gentiana merupakan bunga dengan kelopak yang berwarna biru keunguan. Gentiana mencegah rambut rontok dengan cara melancarkan sirkulasi darah di dalam kulit kepala serta menutrisinya. Gentiana juga membuat folikel rambut jadi kuat sehingga menjadi kokoh dan tidak mudah rontok.

Ketumbar
Si kecil ini mengandung zat yang bisa mematikan bakteri dan parasit rambut penyebab rambut rontok. Sebab selain karena akar rambut yang lemah, rambut rontok juga disebabkan karena serangan bakteri yang melemahkan folikel rambut.

Cress
Cress yang sejenis tanaman hijau ini mengandung zat isothiocyanate yang membantu untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan minyak biji cress atau ekstra cress yang dikeringkan dan diusapkan di kulit kepala.

Malva
Malva merupakan sejenis bunga. Cairan yang menetes dari daun malva yang disebut dengan mucilage/lendir ini bermanfaat untuk menguatkan akar rambut. Anda bisa mencoba malva dengan mengoleskannya secara langsung di kulit kepala.

Selain bahan herbal di atas, Anda bisa mencoba lidah buaya yang diambil getahnya kemudian dioleskan di kulit kepala. Bahan aktif alami di dalam lidah buaya tersebut bisa menguatkan akar rambut. [feb]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.