Gaya Hidup Serba Cepat Milenial Menyebabkan Munculnya Masalah Gigi Sensitif

Kamis, 7 Maret 2019 18:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Gaya Hidup Serba Cepat Milenial Menyebabkan Munculnya Masalah Gigi Sensitif ilustrasi gigi sensitif. ©michaelsdental.com

Merdeka.com - Kondisi ngilu yang terjadi karena gigi sensitif bisa terjadi pada semua orang. Saat ini, tak sedikit kalangan milenial yang juga menghadapi masalah gigi sensitif ini.

Penelitian terbaru menyebutkan 2 dari 5 orang berusia 18-35 tahun mengalami gigi ngilu. Hal ini menunjukkan pergeseran dari pasien gigi sensitif yang sebelumnya hanya ditemukan di usia 40-60 tahun.

"Dengan mobilitas kalangan milenial yang serba cepat, sikat giginya juga ikut cepat. Sikat gigi tidak sampai 2 menit akan menyebabkan penurunan gusi. Hal itu memicu gigi jadi ngilu," ujar Dokter Gigi Callista Argentina Wulansari.

Menurut Callista, anak muda biasanya menolak untuk pergi ke dokter hanya karena gigi sensitif. Mereka mengatasinya dengan cara mudah seperti mengurangi es batu, minum pakai sedotan dan menghindari makanan keras.

Namun tentu saja hal itu tidaklah cukup. Jika dibiarkan, lapisan enamel gigi akan terus terkikis. Gigi sensitif membutuhkan perawatan khusus untuk mengurangi rasa ngilu yang ditimbulkan.

Salah satunya adalah dengan mengganti sikat gigi berbulu lembut. Pemakaian sikat berbulu keras dapat membuat enamel semakin tipis. Selain itu, pasta gigi dengan kandungan sodium astetat akan sangat membantu.

Reporter: Annisa Mutiara Asharini
Sumber: Dream.co,id [RWP]

Baca juga:
Bau Napas Tak Sedap? Bisa Jadi Itu Karena Batu Amandel di Mulutmu
Tak Hanya Pada Ginjal, Minuman Bersoda Juga Munculkan Sejumlah Masalah Ini pada Gigi
Awas! Ternyata Selama Ini Banyak Dari Kita Memakai Pasta Gigi Terlalu Banyak
Manfaat Tak Terduga yang Bisa Kamu Peroleh dari Mengonsumsi Teh Secara Rutin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini