Bukannya Bikin Jerawat Kempis, Mengoles Pasta Gigi Bisa Buatnya Makin Parah

Sabtu, 14 Desember 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bukannya Bikin Jerawat Kempis, Mengoles Pasta Gigi Bisa Buatnya Makin Parah ilustrasi pasta gigi. ©www.diyhealthremedy.com

Merdeka.com - Terdapat banyak mitos kesehatan yang beredar termasuk mengenai jerawat. Salah satu hal yang banyak dipercaya ini adalah penggunaan pasta gigi yang bisa untuk mengempiskan jerawat.

Health-Liputan6.com menanyakan penggunaan odol untuk mengempiskan jerawat ke skin expert dokter Purnama Sari. Menurutnya, odol tidak bisa mengobati jerawat.

"Bisa ngobatin apa enggak? Enggak," tutur Purnama.

Mungkin kandungan mint yang terdapat di beberapa odol bisa meredakan inflamasi. Namun, tergantung jenis jerawatnya.

"Kalau jerawat yang black komedo atau white komedo itu enggak ada efeknya. Mungkin jerawat yang ada inflamasi, mungkin, bisa sedikit membantu mengempiskan peradangan," kata Purnama .

Purnama mengingatkan efek samping lain mengoleskan odol ke jerawat. Jika odol yang dipakai tidak steril malah bisa membuat jerawat makin parah.

"Kan odol bukan antiseptik, kalau odolnya tidak bersih malah bisa memicu infeksi, bisa bikin jerawatnya makin parah," tuturnya lagi.

1 dari 1 halaman

Lebih Baik Pakai Obat Jerawat

Daripada mencoba hal yang belum tentu benar, Purnama menyarankan untuk menggunakan produk yang memang dibuat untuk mengatasi jerawat. Ada beberapa produk obat jerawat yang dijual bebas (over the counter) yang bisa didapatkan di pasaran.

"Tentu lebih aman kalau pakai obat jerawat," kata Purnama.

Dia pun mengingatkan kembali fungsi odol adalah untuk gigi bukan mengatasi jerawat. Tentu kandungan di dalam odol tidak ditujukan untuk mengatasi jerawat.

"Biasanya obat jerawat itu ada kandungan antiseptik, antibakterial. Jadi, obat jerawat akan lebih efektif untuk mengatasi jerawat daripada odol," ungkapnya.

Ketika jerawat yang muncul ini sudah sangat mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan pakar kesehatan. Hal ini bisa membantu jerawatmu teratasi dengan cara yang aman.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Cara Menggunakan Concealer untuk Samarkan 5 Jenis Jerawat
Sejumlah Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat
Apakah Sunscreen Bisa Memicu Jerawat?
Hindari 5 Makanan ini Agar Wajah Selamat dari Jerawat
Tips-Tips Diet yang Ampuh untuk Atasi Masalah Jerawat
Miliki Jerawat Bisa Buat Seseorang Mengalami Depresi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini