Begini Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Perih di Mata Akibat Cabai

Senin, 2 Desember 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Perih di Mata Akibat Cabai Ilustrasi mata merah. ©iStock

Merdeka.com - Kondisi perih pada mata merupakan suatu hal yang bisa kamu alami karena sejumlah alasan. Salah satu hal yang bisa jadi penyebab mata perih ini adalah cipratan makanan pedas.

Kegemaran masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan pedas menjadi penyebab hal ini rentan terjadi. Baik berupa sambal secara langsung maupun kuah yang pedas, hal ini membuat mata rentan terciprat makanan pedas sehingga memunculkan rasa perih.

Munculnya rasa perih ini juga bisa terjadi ketika kamu mengusap mata. Hal ini rentan terjadi karena pedas dari sambal yang masih menempel di tangan atau kuku ketika kamu mengusapnya ke mata.

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Health Me Up, berikut cara sederhana untuk menyembuhkan rasa perih di mata akibat cabai.

1 dari 4 halaman

Susu

Susu bisa menetralkan capcaisin dalam cabai yang menyebabkan sensasi seperti terbakar. Susu juga akan menghilangkan minyak penyebab rasa perih. Untuk menghilangkan rasa pedas di mata, bilas mata menggunakan susu secara perlahan.

2 dari 4 halaman

Larutan Garam

Walau banyak yang mengira hal ini malah membuat mata semakin perih, namun air garam bisa membantu mengobati rasa perih di mata akibat cabai. Cara untuk melakukannya adalah bilas mata secara perlahan dan pastikan jangan menyentuhnya karena bisa membuatnya semakin sakit.

3 dari 4 halaman

Air

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membilasnya menggunakan air dingin. Kamu juga bisa merendam wajah dan mata di dalam mangkuk berisi air untuk menghilangkan rasa pedas tersebut.

4 dari 4 halaman

Handuk

Selain membilas menggunakan air, terdapat cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Kamu bisa meletakkan handuk dingi di mata untuk menghilangkan rasa nyeri dan bengkak di mata.

Mengingat rasa nyeri yang mungkin muncul karena hal ini, sebaiknya kamu mengatasi masalah ini secepatnya. Sejumlah cara tersebut bisa membantu untuk menghilangkan rasa pedas dan perih di mata secepatnya. [RWP]

Baca juga:
Ini yang Bakal Terjadi pada Mata Ketika Kamu Tidur Tanpa Melepas Lensa Kontak
Penggunaan Kaca Mata Hitam Ternyata Bisa Sebabkan Kurangnya Vitamin D
Ini Penyebab Mengapa Seorang Penderita Diabetes Sangat Rentan Alami Kerusakan Mata
Begini 10 Cara Jaga Kesehatan Mata Akibat Penggunaan Gawai

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini