6 Cara Mudah dan Mudah Mencegah Terbentuknya Karang Gigi pada Dirimu

Jumat, 6 Desember 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Cara Mudah dan Mudah Mencegah Terbentuknya Karang Gigi pada Dirimu ilustrasi karang gigi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Lighthunter

Merdeka.com - Terdapat banyak masalah pada bagian gigi dan mulut yang bisa kamu alami sehari-hari. Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah menumpuknya karang gigi.

Terbentuknya karang gigi ini berasal dari plak yang muncul pada bagian tersebut. Plak merupakan bagian lengket serta penuh bakteri yang menempel pada lapisan gusi. Plak dapat berujung menjadi karang gigi dan penyakit gusi jika tidak dibersihkan setiap hari menggunakan sikat atau floss.

Dalam kehidupan sehari-hari, bakteri di mulut masih bakal tetap ada walau kamu sudah menjaga kebersihannya dengan baik. Munculnya bakteri ini biasanya disebabkan karena bercampur dengan protein dan sisa makanan yang menjadi plak di gigi.

Ketika karang gigi terbentuk, kamu perlu mengunjungi dokter gigi untuk menghilangkannya. Dilansir dari WebMD, berikut sejumlah cara mudah untuk mengontrol pertumbuhan karang gigi.

1 dari 6 halaman

Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi secara teratur, dua kali sehari selama setidaknya dua menit. Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk bisa masuk ke dalam mulut.

2 dari 6 halaman

Gunakan Sikat Elektrik

Sebuah penelitian menemukan bahwa sikat gigi elektrik dapat menyingkirkan plak lebih baik dari sikat biasa. Oleh karena itu, sikat gigi jenis ini bisa jadi pilihan yang lebih baik dibanding sikat gigi biasa.

3 dari 6 halaman

Pilih Pasta Gigi yang Tepat

Pilih pasta gigi yang dapat mengontrol karang gigi. memilih produk yang tepat dapat membantu mencegah plak mengeras dan menjadi karang gigi.

4 dari 6 halaman

Lakukan Flossing

Menyikat gigi dan berkumur saja tak cukup untuk menjaga kebersihan gigi. Melakukan flossing untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi bisa jadi cara yang baik dalam menjaga kesehatan mulut.

5 dari 6 halaman

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Bakteri di mulut berkembang karena makanan manis dan bertepung. Ketika bakteri bercampur makanan tersebut, bakteri akan melepaskan asam yang berbahaya. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan membatasi jumlah makanan manis yang kamu santap setiap harinya

6 dari 6 halaman

Jangan Merokok

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih mungkin mengembangkan karang gigi. hal ini bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan bagian tubuh yang lain juga.

Sejumlah hal tersebut bisa sangat mudah membantu mencegah terbentuknya karang gigi. Selain melakukannya, kamu juga disarankan untuk ke dokter gigi secara rutin enam bulan sekali. [RWP]

Baca juga:
Kurang Zat Besi Bisa Timbulkan Tanda pada Mulut Seseorang
Waspada! Gigi Berlubang pada Ibu Hamil Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur
Benarkah Kesehatan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan?
Masalah Gigi yang Dimiliki Seseorang Bisa Jadi Tanda Risiko Masalah Kardiovaskular

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini