6 Alasan kenapa kulit telapak kakimu mengelupas tanpa henti

Senin, 19 Juni 2017 13:31 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi kaki. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Timof

Merdeka.com - Kulit telapak kaki termasuk bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Akibatnya kulit telapak kaki sering mengelupas. Umumnya kamu mengira bahwa hal ini terjadi karena kering. Padahal ada beberapa alasan kesehatan yang mendasarinya.

Dilansir dari prevention.com, ini dia penjelasannya.

Infeksi jamur
Alasan paling umum kenapa kulit telapak kaki mengelupas adalah infeksi jamur dan sayangnya banyak orang yang tidak menyadarinya karena tidak ada rasa gatal yang timbul. Maka saat kamu merasa bahwa kulit telapak kakimu mengelupas, segera obati karena jamur ini juga bisa menginfeksi kuku kakimu.

Kering berlebih
Tak hanya kulit kering, keringat berlebih yang muncul di telapak kaki juga bisa membuat kulit mengelupas. Sebab keringat berlebih ini akan membuat kaki jadi lembab dan muncul infeksi bakteri atau jamur yang menjadi faktor mengelupasnya kulit.

Pemakaian sepatu bertali
Coba periksa alas kakimu. Apakah penuh dengan tali? Jika ya, alas kaki yang bertali akan menyebabkan gesekan serius yang membuat kulit kaki lecet dan akhirnya mengelupas.

Kulit terbakar
Paparan sinar matahari berlebih, termasuk pada kaki mampu membuat kulit mengelupas. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengoleskan krim tabir surya hingga kaki guna menghindari kulit terbakar akibat sinar matahari yang akhirnya membuat kulit mengelupas.

Eksim
Eksim merupakan salah satu gangguan kulit yang akan menimbulkan rasa gatal, kulit kering, dan akhirnya mengelupas. Eksim bisa menyerang semua bagian kulit, termasuk telapak kakimu.

Dehidrasi
Dehidrasi tak hanya mengurangi kerja metabolisme, menyebabkan jerawat atau menimbulkan kelelahan semata. Dehidrasi ternyata juga bisa membuat kulit kering, termasuk di telapak kaki. Oleh karena itu penuhi kebutuhan air minummu secara cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jadi, sudah tahu kan alasan kenapa kulit kakimu mengelupas? Jika kamu merasa bahwa itu disebabkan karena penyakit kulit, maka segera kunjungi dokter kulit guna mendapat penanganan medis yang tepat. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.