5 Makanan Pahit yang Memiliki Manfaat Luar Biasa bagi Tubuh

Rabu, 24 Februari 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Makanan Pahit yang Memiliki Manfaat Luar Biasa bagi Tubuh Ilustrasi pare. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Rasa pahit merupakan salah satu rasa yang dihindari oleh banyak orang. Pahit merupakan rasa yang tidak bisa dinikmati oleh lidah kebanyakan orang.

Sebagian besar orang lebih menyukai rasa manis dan asin dari makanan. Hal ini menyebabkan keduanya digunakan lebih banyak pada sejumlah makanan yang kita nikmati sehari-hari.

Walau rasa ini tidak disukai, namun siapa sangka bahwa makanan ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat sehat yang mungkin muncul adalah bisa meningkatkan ketahanan tubuh.

Makanan dengan rasa pahit yang kuat diketahui bisa meningkatkan air liur dan asam di perut. Mengonsumsi makanan ini bisa membantu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Makanan dengan rasa pahit juga bisa mencegah masalah lambung serta peradangan di tubuh. Kandungan tinggi nutrisi di dalamnya juga bisa meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

Berbagai manfaat luar biasa tersebut bisa diperoleh dari sejumlah makanan dengan rasa pahit di dalamnya. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah makanan pahit yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh.

1. Pare

Pare merupakan sayuran yang terknenal dengan rasa pahit di dalamnya. Walau begitu, sejumlah makanan tetap menggunakan pare sebagai salah satu bahan di dalamnya.

Sayuran ini memiliki kandungan fitokimia seperti triterpenoids, polifenol, dan flavonoid yang bisa memperlambat sel kanker. Sayuran ini juga merupakan obat alami untuk menurunkan gula darah serta memiliki kandungan antioksidan untuk mencegah kerusakan sel.

Baca Selanjutnya: Sayuran dan Kokoa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini