4 Cara Terhindar dari Stress Eating yang Mungkin Membuat Berat Badanmu Meningkat

Senin, 16 November 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Cara Terhindar dari Stress Eating yang Mungkin Membuat Berat Badanmu Meningkat Ilustrasi makan makanan cepat saji. Shutterstock/Arman Zhenikeyev

Merdeka.com - Stress Eating atau makan ketika stres merupakan salah satu masalah yang banyak dialami banyak orang. Hal ini membuat mereka makan secara berlebihan dan lepas kendali.

Banyak dampak buruk yang bisa muncul dari kebiasaan stress eating ini. Hal ini bisa menyebabkan perut kamu semakin membesar dan berat badan juga meningkat sehingga menimbulkan masalah baru.

Keberadaan stres yang terjadi pada seseorang bisa mempengaruhi emosi dan fisik mereka. Hal ini pada akhirnya bisa merembet ke banyak hal mulai mengganggu hubungan, pembuatan keputusan, bahkan pola makan mereka.

Gejala stress eating sendiri muncul ketika stres yang dialami seseorang mendorong mereka untuk makan. Perilaku makan yang dilakukan ini disebabkan oleh emosi dan bukan dari kebutuhan perut.

Stress eating mungkin memunculkan sejumlah efek negatif pada tubuhmu. Hal ini membuat seseorang mengonsumsi sejumlah makanan yang tak sehat serta mengurangi aktivitas fisik sehingga kamu memiliki kemungkinan bertambahnya berat badan secara mendadak.

"Stres mungkin juga mengganggu tidur dan menyebabkan seseorang mencari makanan secara tak biasa, seperti pada tengah malam," ungkap Fatima Cody Stanford dari Harvard Medical School.

Stanford mengungkap bahwa stres biasanya mempengaruhi tubuh seseorang karena hormon bernama kortisol. Ketika seseorang memiliki perasaan negatif, kortisol di dalam darah meningkat sehingga berdampak terjadinya inflamasi dan bertambahnya lemak pada bagian perut.

Respons yang kamu lakukan ketika stres bisa sangat mempengaruhi berat badan dan kesehatanmu. Dilansir dari Medical Daily, berikut cara untuk mencegah terjadinya stress eating.

Baca Selanjutnya: Ubah Cara Pandang Terhadap Masalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini