3 Dampak yang Mungkin Terjadi Usai Menjalani Operasi Lasik

Minggu, 23 Desember 2018 04:16 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Dampak yang Mungkin Terjadi Usai Menjalani Operasi Lasik Ilustrasi mata. Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Lasik atau laser-assisted in situ keratomileusis merupakan salah satu jenis operasi mata yang kini banyak dilakukan. Namun apakah operasi tersebut benar-benar cukup aman untuk dilakukan?

"Berdasar pengalaman saya selama lebih dari dua dekade melakukan operasi ini, sangat jarang pasien mengalami rasa sakit setelah operasi kecuali bila terjadi komplikasi," ungkap dr Douglas Lazzaro, opthamogolis dari NYU Langone Health dilansir dari New York Post.

Lazzaro menyebut bahwa tingkat komplikasi ini sangat rendah yaitu di bawah satu persen. Dari jumlah tersebut sebagian masalah yang dialami sebatas hanya mata kering serta berbagai masalah minor lainnya.

Berikut beberapa masalah yang dapat muncul dari operasi lasik:

Mata Kering

Gejala ini merupakan efek samping paling umum dari operasi lasik, ujar Lazzaro.

"Bukan hal aneh jika mengalami mata kering selama enam hingga dua belas bulan setelah operasi," jelas Lazzaro.

Masalah ini disebutnya umum dijumpai pada pasien dengan usia tua karena kemampuan seseorang untuk memproduksi air mata menurun seiring waktu. Untuk mengatasi ini, dia menyarankan pasien menggunakan obat tetes mata.

Masalah Pandangan

Pada banyak kasus, lasik tidak dapat mengobati masalah pengelihatan secara seluruhnya. Beberapa pasien masih butuh untuk menggunakan kacamata baca setelah operasi.

Pada beberapa kasus, pasien yang baru menjalani operasi lasik mengalami bahwa pandangan mereka jadi tampak buram. Beberapa bahkan mengalami pendar cahaya yang masuk mata serta pandangan tampak ganda.

Kesulitan Mendeteksi glaukoma

Usai seseorang menjalani operasi lasik, akan cukup sulit mendeteksi glaukoma. Hal lain yang sulit dideteksi adalah jika terjadi luka pada saraf mata yang berakibat buruknya pandangan.

Ketika mendeteksi glaukoma, sering diperiksa perubahan tekanan di dalam mata. Lasik sendiri dapat mengubah tekanan yang ada pada mata.

Walau memiliki sejumlah dampak pada mata, namun risiko yang dimiliki oleh operasi lasik ini tidak terlalu signifikan dan tetap patut untuk dicoba. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini