MERDEKA.COM » REPORTER » DWI ADITYA PUTRA
4563 berita dan foto

    Kementerian PUPR telah memulai pembangunan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun ini. Bendungan di wilayah Kecamatan Brang Ene ini dibangun dengan kapasitas 55,90 juta m3 untuk menambah jumlah tampungan air di Indonesia, khususnya di NTB sebagai salahsatu

    Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago mendorong pemerintah untuk mempercepat realisasi anggaran program pemulihan ekonomi (PEN) di kuartal III-2020. Dengan demikian, akselerasi pertumbuhan ekonomi di kuartal tersebut dapat kembali terdongkrak.

    Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago menyebut daerah pedesaan menjadi benteng pertahanan terakhir ketika dalam keadaan krisis. Sebab, pada akhirnya angkatan kerja atau yang di PHK memilih jalan pulang kembali ke kampung halamannya.

    Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago menilai upaya pemerintah membanding-bandingkan resesi terjadi di negara-negara lain dengan pertumbuhan ekonomi kuartal II di Indonesia sangat tidak tepat. Menurutnya, terkontraksinya pertumbuhan ekonomi Indonesia telak memukul pemerintah.

    Ketua Dewan Pengawas Koperasi Satelit Desa Indonesia (KSDI), Budiman Sudjatmiko menyebut hampir 75 persen seluruh wilayah Indonesia terdiri dari pedesaan. Sementara sisanya adalah perkotaan.

    Pemerintah Jokowi-Ma'ruf akan meluncurkan dua program besar pada 17 Agustus 2020 mendatang guna mendorong perekonomian Indonesia melalui UMKM. Hal ini dilakukan sebagai langkah stimulus ekonomi untuk percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

    Perusahaan teknologi cloud, PointStar Pte Ltd mencatat adanya gelombang besar dalam permintaan terkait produk dan layanan pada sistem cloud di wilayah ASEAN. Naiknya permintaan seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang melakukan transformasi digital.

    Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun mengatakan, saat ini yang menjadi bukan permasalahan resesi atau tidak, melainkan bagaimana pemerintah membangun respon dan kemudian kebijakan-kebijakan yang memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan ekonomi sedang dihadapi.

    Pemerintah terus mendorong peningkatan nilai tambah bahan baku mineral di dalam negeri. Kebijakan hilirisasi ini diyakini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional, di antaranya melalui capaian nilai ekspor.

    Badan Litbang ESDM melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (Crude Palm Oil-CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020.

    Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, M Rudy Salahudin, memastikan akan menggunakan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk menjaring peserta Program Kartu Prakerja gelombang ke-IV dan selanjutnya. Adapun sebanyak 2,1 juta korban pemutusan hubungan kerja (PHK) kini tercatat di Kemnaker.

    Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menegaskan insentif untuk peserta kartu prakerja gelombang I-III sudah dicairkan. Meski, diakui, jumlahnya belum secara keseluruhan.

    Belanja pemerintah diakui menjadi instrumen yang menjadi daya ungkit untuk memulihkan ekonomi di saat krisis akibat pandemi Covid-19. Selain itu sektor swasta dan UMKM harus dipulihkan kembali dengan stimulus.

    Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, M Rudy Salahuddin mengatakan, kouta pendaftaran sebanyak 800.000 peserta ini nantinya bakal terus dilakukan di gelombang-gelombang selanjutnya. Besaran tersebut diharapkan menutup kouta target dari pemerintah.

    Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang ke IV mulai besok, Sabtu (8/8). Adapun jumlah kouta pendaftaran yang dibuka pada gelombang ini mencapai 800.000 orang. Masing-masing penerima tetap mendapatkan sebesar Rp3,5 juta.

    Dalam aturan Permenko 11 dilakukan refocusing program kartu prakerja menjadi semi Bantuan Sosial (Bansos) yang selama ini belum diatur di dalam aturan lama. Selain itu, program kartu prakerja ini yang semula bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas kini juga didorong untuk lebih pengembangan wirausaha.

    Adapun anggaran untuk penanganan pandemi virus Corona dan program PEN yang dialokasikan pemerintah dalam APBN-Perubahan 2020 sudah mencapai sebesar Rp695,2 triliun.

    Dia mengkhawatirkan ide menggelontorkan dana bansos pekerja ini hanya untuk menutupi ketidakmampuan tim ekonomi pemerintah dalam mengeksekusi apa yang diinginkan Presiden. Mengingat, stimulus tersendat. Maka dibuatlah bansos untuk pekerja ini.

    Menurutnya, dari hasil analisa JPMorgan menyimpulkan, kalangan milenial justru menghindari reksa dana dan ekuitas. Sehingga mereka mengalihkan uangnya ke Bitcoin dan emas.

    Di samping itu, anggaran sektor UMKM sudah terealisasi 25,3 persen. Sementara empat sektor lainnya, yakni kesehatan, sektoral dan Pemda, pembiayaan korporasi, dan insentif usaha masih di bawah 15 persen

 1  2  3  4  5  6  7    >>|