MERDEKA.COM » REPORTER » DWI ADITYA PUTRA
210 berita dan foto

    "Kita sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari persiapan pengamanan-pengamanan kita, baik itu di KPU, Bawaslu, atau tempat-tempat lain yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan," tegas Gatot.

    Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar kembali bersatu pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dengan berakhirnya pesta demokrasi, kata dia, maka perbedaan-perbedaan politik maupun pilihan sudah saatnya dikesampingkan.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin mengatakan bahwa fokus pemerintah ke depan adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Tentu saja ini tidak terlepas untuk dapat menapaki Indonesia emas di tahun 2045.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin memastikan bahwa masa cuti libur Lebaran bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera ditetapkan pada Senin mendatang. Ketentuan cuti ini bukan hanya untuk para ‎pegawai negeri sipil (PNS), tetapi juga pegawai swasta.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin menghadiri acara Perayaan Waisak di Wihara Ekayana Arama, Jakarta Barat. Dalam kesempatan ini, dirinya menyampaikan pesan-pesan kebaikan kepada umat seluruh umat beragama.

    Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, seluruh umat beragama di Indonesia memiliki pesan dan ajaran kebaikan untuk sesama manusia. Sehingga, itu menjadi modal penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Wakil Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta menilai defisit neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 sebesar USD 2,50 miliar harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, lantaran menjadi terbesar dibandingkan tahun-tahun lalu.

    Arif mengatakan, untuk mencegah terjadinya perlambatan terhadap pertumbuhan ekspor, maka salah satu upayanya adalah dengan memperluas pasar baru. Sebab selama ini, kedua negara tersebut tersebut masih menjadi pasar potensial bagi Indonesia.

    Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, turut berkomentar mengenai defisit neraca perdagangan April 2019 yang mencapai sebesar USD 250 miliar. Menurutnya, defisit tersebut harus betul-betul dipelajari, sebab bukan hanya ekspornya yang melambat akan tetapi impornya pun demikian.

    Pemerintah Jokowi-JK mengaku kesulitan untuk menggenjot ekspor di tengah situasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Apalagi perang dagang antar kedua negara tersebut diprediksi bakal berlangsung lama.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, meningkatnya realisasi belanja bantuan sosial tersebut menunjukkan bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat miskin. Tentu saja ini diberikan untuk dapat memenuhi kebutuhan pokoknya sejak awal tahun.

    Kementerian Keuangan mencatat realisasi belanja negara untuk subsidi energi hingga April 2019 mencapai sebesar Rp 30,9 triliun, atau 19,3 persen dari pagu APBN 2019. Realisasi ini turun 21,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 39,2 triliun.

    Penerimaan negara itu berasal dari penerimaan perpajakan yang tembus mencapai Rp 436,4 hingga akhir April 2019, atau sudah mencapai 24,43 persen dari target APBN 2019. Angka ini pun tumbuh 4,72 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 416,7 triliun.

    Luky mengatakan, apabila dibandingkan dengan posisi utang pada bulan Maret 2019 posisi rasio utang ini mengalami penurunan sebesar 30,12 persen.

    Sri Mulyani menjelaskan bahwa membayar pajak adalah bagian dari menjaga kebersamaan dalam penyelenggaraan negara di dalam pemerintahan. Di samping itu juga merupakan bagian untuk menunjang penyelenggaraan negara dari sisi perekonomian termasuk dari sisi seluruh jasa pemasyarakatan.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, defisit APBN hingga April 2019 ini disumbang oleh pendapatan negara sebesar Rp 530,7 triliun atau 24,51 persen dari target APBN 2019. Angka ini tumbuh tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 528 triliun

    Kus memprediksi seusai Lebaran masih bakal terjadi permintaan yang juga signifikan. Meski begitu, dirinya juga tidak bisa memastikan berapa pertumbuhannya.

    PT Investree Radhika Jaya (Investree) secara resmi telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin usaha tersebut diberikan pada 13 Mei 2019 lalu bersamaan dengan tiga fintech lainnya.

    Keempat P2P lending yang telah mendapatkan izin tersebut adalah PT Investree Radhika Jaya (Investree), PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), PT Indo Fint Tek (Dompet Kilat), dan PT Creative Mobile Adventure (Kimo). Keempatnya resmi mendapat izin usaha pada 13 Mei 2019.

    Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat hingga per Maret 2109, total pendanaan penyaluran telah mencapai sebanyak Rp 33 triliun. Angka tersebut diakumulasi selama dua tahun dari 113 anggota fintech tergabung di AFPI.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|