MERDEKA.COM » REPORTER » DWI ADITYA PUTRA
7522 berita dan foto

    Adapun Perpu ini didorong untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.

    Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendesak pemerintah untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Mengingat ada indikasi terdapat moral hazard dalam pengajuan PKPU dan kepailitan karena persyaratannya yang mudah.

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berencana akan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) untuk mewajibkan seluruh anak dan cucu BUMN agar melakukan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Sebab, sesuai UU Nomor 29/9199 sementara ini baru perusahaan BUMN saja diwajibkan.

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Flyover atau Jalan Layang Ahmad Yani yang menghubungkan Jalan Madukoro dengan Bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

    Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengeluarkan kebijakan agar instansi pemerintah memperkuat protokol kesehatan (prokes) di lingkungan kantornya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

    Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, aplikasi PeduliLindungi akan menjadi syarat masyarakat masuk ke fasilitas umum. Pemerintah bahkan akan mencoba penggunaan aplikasi itu di lima kabupaten/kota ada di luar Jawa dan Bali.

    Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, bantuan tunai sebesar Rp1,2 juta untuk PKL, warung, dan warteg akan segera dicairkan dalam waktu dekat. Adapun bantuan ini diberikan kepada sebanyak 1 juta pelaku usaha tersebut.

    Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Menurutnya virus ini tidak bisa hilang dan masih akan terus ada ke depan.

    Pengamat Ekonomi IndiGo Network, Ajib Hamdani menilai, Soetrisno Bachir mampu untuk mengisi pos Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebab, tugas menteri cukup menerjemahkan gagasan besar presiden agar bisa sejalan dengan kebijakan di kementerian teknis.

    Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali mencuat. Nama Soetrisno Bachir muncul sebagai kandidat. Dia disebut bakal mengisi pos Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggantikan posisi Budi Karya Sumadi.

    Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menjamin pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) meminimalisir praktik-praktik kecurangan.

    Pasar modal Tanah Air diproyeksikan lebih bergairah di sisa akhir tahun ini. Index Harga Saham Gabungan (IHSG) dinilai sejumlah analis kemungkinan besar meningkat pada kuartal keempat 2021.

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir membuka Pasar Digital (Padi) UMKM Indonesia Virtual Expo (Batch II) secara virtual. Kegiatan ini menampilkan ragam produk dari tujuh mitra pengampu dan diikuti sebanyak 295 UMKM.

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatat total nilai transaksi BUMN dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai Rp10,9 triliun sampai akhir Agustus 2021. Jumlah itu terdiri dari 142.000 transaksi dan melibatkan 10.100 UMKM.

    Guru Besar Institut Teknologi, Mukhtasor meminta, kepada pemerintah dan DPR agar memperhatikan betul pasal-pasal terdapat di dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Energi Baru Terbarukan (EBT). Jangan sampai, RUU ini justru senasib dengan RUU Migas pada 2001 lalu.

    Guru Besar Institut Teknologi, Mukhtasor mengingatkan kepada pemerintah agar tidak menerbitkan kebijakan feed-in atau patok tarif energi baru terbarukan (EBT). Sebab, kebijakan itu pada akhirnya akan membuat masyarakat bawah tertekan akibat biaya kenaikan listrik.

    Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) tengah gencar membangun 75 sumur bor di Desa Sungai Aur, Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi. Pembangunan sumur bor ini dilakukan guna mencegah kebakaran, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19.

    Rancangan Undang-Undang (RUU) Energi Baru Terbarukan (EBT) tengah digodok pemerintah bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). RUU ini dinilai akan mengakselerasi kebutuhan pengembangan EBT di Indonesia.

    Guru Besar Institut Teknologi, Mukhtasor menyebut transmisi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dicanangkan di dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) EBT akan berpotensi gagal. Mengingat beban keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pemenuhan tersebut tidak kuat.

    Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan, Kasan menegaskan, pentingnya pemanfaatan perjanjian kerja sama perdagangan dengan negara lain untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Sejumlah kesepakatan perdagangan diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pemulihan perdagangan.

 |<<    2  3  4  5  6  7  8    >>|