TKN Minta KPU Segera Unggah Dokumen C1 ke Publik

Minggu, 21 April 2019 20:12 Reporter : Merdeka
TKN Minta KPU Segera Unggah Dokumen C1 ke Publik Hasto Kristiyanto di rumah Megawati. ©Liputan6.com/Nafiysul Qodar

Merdeka.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Krisyanto meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera mengunggah dokumen C1. Dia memandang data dari C1 adalah sumber primer yang memiliki legalitas yang paling kuat.

Selain itu, dia menilai, dengan mengunggah data C1 untuk menghindari kesimpangsiuran informasi dari hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019.

"Guna menghindari kesimpangsiuran, TKN pasangan Jokowi- Ma'ruf Amin merekomendasikan kepada KPU untuk secepatnya mengupload seluruh dokumen-dokumen C1, dan dinyatakan terbuka bagi publik," katanya di Jakarta, Minggu (21/4).

Sekretaris Jenderal PDIP ini mengungkapkan, dengan dibuka ke publik, maka semua proses dokumen C1 bisa dengan mudah diawasi oleh Bawaslu. Dengan begitu, dia menilai, KPU bisa menunjukkan proses transparansinya dalam melakukan rekapitulasi suara.

"Mengapa kita merekomendasikan? Karena untuk menghindari keresahan baru dan mendorong pihak-pihak tertentu untuk melakukan provokasi politik," ungkapnya.

"Maka unsur-unsur transparansi, akuntabilitas dan juga peningkatan kualitas dari Pemilu ini dapat dilakukan oleh KPU," pungkas Hasto.

Reporter: Putu Merta Surya
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini