Surat Novanto tunjuk Aziz Syamsudin dinilai permalukan wajah DPR dan Golkar

Minggu, 10 Desember 2017 21:36 Reporter : Ahda Bayhaqi
Surat Novanto tunjuk Aziz Syamsudin dinilai permalukan wajah DPR dan Golkar Setya Novanto usai pelimpahan berkas P21. ©2017 merdeka.com/dwi narwo

Merdeka.com - Politisi Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menilai surat penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai ketua DPR yang dikeluarkan Setya Novanto telah mencoreng wajah Partai Golkar sekaligus DPR. Pasalnya, Setya Novanto yang kini menjadi tahanan, tetap bisa berkuasa.

"Saya mendapatkan informasi itu, dua hari yang lalu, tetapi menurut saya itu tindakan yang dilakukan oknum politisi Golkar yang mempermalukan Golkar dan mempermalukan DPR RI," ujar Doli di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (10/13).

Apalagi untuk DPR. Sebagai lembaga tinggi negara, DPR selalu jadi sorotan rakyat. Langkah politik Novanto tersebut jelas-jelas membuat preseden buruk. Doli pun heran ada pihak yang masih mau menuruti.

"Anehnya adalah orang-orang yang ada di DPR itu khususnya Aziz Syamsudin dan Robert Kardinal mengikuti lagi apa yang menjadi keinginannya," kata dia.

Doli mendesak DPR menolak surat Novanto tersebut. Tak hanya membuat citra buruk, tapi juga dianggap menyalahi mekanisme partai.

"Kalau mereka meloloskan keinginan itu, saya tidak tahu bagaimana sebetulnya citra DPR RI itu di mata publik dan di mata internasional," tegas dia.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengakui ada surat penunjukan Ketua Banggar Azis Syamsuddin sebagai Ketua DPR oleh Setya Novanto. Namun belum ada surat resmi yang diterima oleh pimpinan.

"Jadi itu adalah tentang status terakhir dari Pak Novanto. Memang ada informasi resmi tapi belum tertulis dari pihak keluarga beliau bahwa beliau sudah tandatangan pengunduran diri," ujar Fahri melalui pesan singkat diterima wartawan, Minggu (10/12). [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini