Soal Ketum PDIP, Hasto Minta Tunggu Megawati dan Isyarat Langit

Rabu, 19 Juni 2019 19:05 Reporter : Ahda Bayhaqi
Soal Ketum PDIP, Hasto Minta Tunggu Megawati dan Isyarat Langit megawati panen padi. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - PDI Perjuangan menggelar Rakernas IV di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/6). Agenda Rakernas tersebut utamanya membahas Kongres V di Bali, Agustus mendatang, yang akan membicarakan kursi ketua umum partai.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam Rakernas IV ini tidak ada pembicaraan terkait kriteria calon ketua umum.

"Kami belum lagi berbicara tentang hal tersebut, tetapi perubahan itu harus berbasiskan pada nilai-nilai ideologi," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/6).

Hasto menegaskan, syarat ketua umum PDIP tidak akan pernah berubah. Yaitu harus memiliki nilai utama (core value) partai yaitu setia ideologi Pancasila.

"Core values dari PDI Perjuangan tidak akan pernah berubah karena kami setia pada ideologi Pancasila itu, demokrasi akan dibangun adalah demokrasi musyawarah mufakat demokrasi Pancasila demokrasi dengan cara gotong-royong," jelasnya.

Hasto sendiri masih berkeyakinan semua kader partai dari semua tingkatan mendorong Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum. Kendati, aspirasi nama calon ketum bakal juga dibahas melalui mekanisme Konferensi partai tingkat daerah.

"Kepemimpinan dalam kesadaran PDI Perjuangan itu adalah tidak semata-mata kepemimpinan yang mendapat legitimasi kuat dari arus bawah, memiliki pengalaman panjang, kokoh dalam ideologi, tetapi juga isyarat langit itu juga penting, jadi kita tunggu dari Bu Megawati Soekarnoputri nanti," kata Hasto. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini