Quick count Pilgub Sumut: Edy-Ijeck unggul jauh tak terkejar Djarot-Sihar

Rabu, 27 Juni 2018 19:21 Reporter : Rizky Andwika
Quick count Pilgub Sumut: Edy-Ijeck unggul jauh tak terkejar Djarot-Sihar Pengundian nomor urut Pilgub Sumut. ©2018 Merdeka.com/Yan M

Merdeka.com - Hasil quick count Pilgub Sumatera Utara tetap menempatkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) unggul dari pesaingnya Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss). Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan pasangan Eramas dengan perolehan suara 58,88 persen. Pasangan Djoss memperoleh suara 41,12 persen. Data yang masuk telah mencapai 99,33 persen.

Hasil quick count lembaga survei LSI Denny JA juga tak berubah. Pasangan Eramas tetap unggul dari pasangan Djoss. Perolehan suara pasangan nomor urut satu ini yaitu 57,2 persen. Pasangan Djoss memperoleh suara 42,8 persen. Data yang masuk telah mencapai 99,71 persen.

Pasangan Edy-Musa (Ijeck) diusung enam parpol yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, Partai NasDem, dan Partai Golkar.

Sementara itu, pasangan nomor urut dua Djarot-Sihar diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menanggapi disebut unggul oleh lembaga survei, menyebut kemenangannya adalah kemenangan seluruh warga Sumut.

"Saudara-saudara saya, dengan berakhirnya pencoblosan tadi pukul 13.00 Wib, berakhir sudah perbedaan di Sumut. Saya tidak ingin ini diperpanjang," kata Edy Rahmayadi di rumah pemenangan pasangan Eramas di Jalan A Rivai, Rabu (27/6).

Edy mengaku sempat khawatir jumlah pemilih tidak sampai 50 persen, seperti pada pilkada sebelumnya. Namun ternyata dia melihat masyarakat Sumut sangat termotivasi untuk menggunakan hak pilihnya.

"Saya bangga sekali, selama ini Sumut dinyatakan tidak punya kepribadian, Sumut tidak bermartabat. Kita dinyatakan berada pada posisi 31 daerah yang warganya apatis pada demokrasi. Kita buktikan kita berada di 5 besar dari 34 provinsi. Ini yang harus kita pelihara," sebutnya.

Edy juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Sumut. "Kemenangan Eramas ini adalah kemenangan Sumatera Utara. Sumatera Utara harus bermartabat," tegasnya.

Mantan Pangkostrad ini juga menyatakan hasil quick count itu belum merupakan hasil sah. Mereka masih harus menunggu hitungan manual yang akan diumumkan KPU. [rzk]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini