Puan Minta Fraksi di DPR Imbau Anggotanya Hadir Paripurna

Selasa, 1 Oktober 2019 22:31 Reporter : Ahda Bayhaqi
Puan Minta Fraksi di DPR Imbau Anggotanya Hadir Paripurna Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan DPR 2019-2024. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Kehadiran anggota DPR di rapat paripurna menjadi sorotan. Padahal, anggota DPR periode 2019-2024 itu baru dilantik. Tercatat hanya 285 anggota yang hadir dalam rapat kedua paripurna DPR 2019-2024.

Ketua DPR 2019-2024, Puan Maharani berharap kepada komitmen fraksi-fraksi di DPR untuk mengindahkan agenda penting di DPR. Salah satunya adalah rapat paripurna.

"Ke depan kami mengharapkan komitmen pimpinan fraksi supaya bisa mengimbau anggotanya di acara-acara yang perlu kehadiran anggota untuk bisa datang ke acara tersebut," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Namun Puan tak memungkiri kehadiran anggota yang minim. Sebabnya jumlah tersebut sudah memenuhi kuorum.

"Tata cara aturan memang kuorumnya 231 dan memang rapat paripurna sudah memenuhi kuorum," ujarnya.

Ketua DPP PDIP itu menyebut, pimpinan DPR baru akan mencari formula supaya anggota dewan memiliki komitmen untuk hadir rakyat. Namun, kata Puan, anggota DPR memiliki tanggung jawab di Dapil masing-masing untuk turun bertemu konstituen.

"Jadi memang harus ada formula atau mekanisme yang kemudian nanti mengatur bahwa selain menjadi tanggung jawab untuk turun ke Dapil ada juga tanggung jawab untuk melaksanakan apa fungsi di gedung DPR ini," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini