Puan Maharani, Satu-satunya Menko yang Tak Tergeser

Kamis, 10 Oktober 2019 06:15 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Puan Maharani, Satu-satunya Menko yang Tak Tergeser Menko PMK Puan Maharani. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Selama lima tahun menjadi presiden, Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali melakukan perombakan kabinet. Sejumlah menteri tersingkir dan digeser dari posisinya.

Menteri Koordinator (menko), salah satu posisi yang sempat gonta ganti menteri. Saat ini ada empat Menko di Kabinet Kerja yaitu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Namun di antara itu, hanya Menko PMK yang tak pernah dirombak. Posisi itu diduduki oleh Puan Maharani. Putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini selalu aman saat Jokowi bongkar pasang kabinet. Berikut Menko yang dirombak kecuali Puan Maharani:

1 dari 4 halaman

Menko Polhukam

Pada awal pemerintahan, Presiden Jokowi menunjuk Tedjo Edhy Purdjianto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Akan tetapi Agustus 2015, Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet.

Tedjo menjadi Menko yang terkena reshuffle. Dia kemudian diganti oleh Luhut Binsar Panjaitan. Rupanya posisi Luhut sebagai Menko Polhukam pun tak berlangsung lama, pada Juli 2016 Jokowi kembali mengganti Menko Polhukam. Posisi tersebut diisi oleh Wiranto. Sementara Luhut dipercaya sebagai Menko Kemaritiman.

2 dari 4 halaman

Menko Perekonomian

Tak hanya Menko Polhukam, Menko Perekonomian juga menjadi sasaran perombakan Presiden Jokowi. Pada awal pemerintahan 2014, Jokowi memilih Sofyan Djalil sebagai menko perekonomian.

Namun belum genap setahun, posisi Sofyan telah diganti oleh Darmin Nasution. Sofyan Djalil sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Sementara kini, Sofyan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

3 dari 4 halaman

Menko Kemaritiman

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman awalnya diisi oleh Indroyono Soesilo. Kemudian pada Agustus 2015, Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet yang membuat Indroyono terdepak.

Jokowi menunjuk Rizal Ramli untuk mengganti posisi Indroyono. Tapi sayang Rizal pun tak bertahan sampai satu tahun. Jokowi lagi-lagi merombak kabinet. Rizal terpental sehingga posisi Menko Kemaritiman diisi oleh Luhut Binsar Panjaitan. Sebelumnya Luhut sempat menjadi Menko Polhukam dan Staf Kepresidenan.

4 dari 4 halaman

Menko PMK

Dari otak atik Kabinet Kerja yang dilakukan Presiden Jokowi, hanya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang aman. Puan tak pernah sekalipun digeser dari jabatannya.

Sejak Oktober 2014 hingga 2019, posisi Puan tetap bertahan. Namun kini dia telah menjadi Ketua DPR yang menyebabkannya harus mundur dari Kabinet Kerja. Posisi PMK diisi Plt Darmin Nasution. [dan]

Baca juga:
Arcandra Tahar, Menteri Tercepat Menjabat Era Jokowi
Mimpi Jokowi dan Jeratan Kasus Korupsi Dua Menterinya
Buya Syafii Nilai Kader Muhammadiyah Layak Jadi Mendikbud, Mensos & Menkes
Sinyal PDIP Tolak Gerindra dan Demokrat Masuk Kabinet Jokowi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini