Prabowo akhiri safari di Jatim dengan ziarah ke makam Sunan Ampel

Jumat, 2 November 2018 16:50 Reporter : Moch. Andriansyah
Prabowo akhiri safari di Jatim dengan ziarah ke makam Sunan Ampel Prabowo ziarah ke makam Sunan Ampel. ©2018 Merdeka.com/Moch Andriansyah

Merdeka.com - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto akan safari politiknya di Jawa Timur dengan ziarah dan salat Jumat di Masjid Agung Sunan Ampel di Surabaya hari ini. Prabowo mengatakan dua kegiatan itu merupakan keinginannya sejak lama.

"Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk bisa salat Jumat di Masjid Agung Ampel lagi. Dulu ketika masih muda, beberapa kali beribadah di sini, saya senang dengan suasana religius di kawasan Ampel ini," kata Prabowo, Jumat (2/11).

Sementara Ketua Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Jawa Timur Prabowo-Sandi, Soepriyatno menyebut, ziarah dan salat Jumat di Masjid Agung Sunan Ampel ini merupakan saran dan nasihat dari Pengasuh Pengasuh Ponpes Sidogiri, Pasuruan, KH Nawawi Abdul Jalil.

"Minggu lalu, Prabowo baru sowan ke kediaman Kiai Nawawi," kata Soepriyatno.

Saat itu, Kiai Nawawi yang mendapat petunjuk Pengasuh Ponpes Walisongo-Panji, Situbondo, KHR Kholil As'ad Syamsul Arifin atau Ra Kholil, menyarankan agar Prabowo berziarah ke Makam Sunan Ampel.

Soepriyatno berharap suasana religius serta sejarah panjang kemasyhuran Islam pada masa Wali Songo yang dipimpin Sunan Ampel bisa memberi inspirasi. "Khususnya bagi pengembangan Islam Indonesia di masa depan," ujarnya.

Seperti diketahui, Prabowo menggelar safarinya ke Jawa Timur selama dua hari penuh, mulai sejak Rabu (31/10),. Pertama, dia datang ke Magetan untuk ziarah ke Makam Gubernur Soerjo dan silaturahmi ke Pesantren Sabilil Muttaqin serta Pesantren Al Fatah Temboro.

Selanjutnya, Prabowo ke Ponorogo untuk makan bersama warga di Warung Sate Lego dan dilanjukan ke Pesantren Modern Gontor. Lalu ke Jember untuk ziarah ke Makam Habib Sholeh Tanggul dan mengikuti Manaqib di Ponpes Al Qodiri.

Dari lawatannya itu, Prabowo memungkasinya dengan ziarah dan salat Jumat di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya sesuai saran dan nasihat Ra Kholil melalui Kiai Nawawi. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini