PKB Ingin Pimpin Koalisi, Demokrat Nilai Masih Terlalu Pagi Bahas Pilpres 2024

Jumat, 17 Desember 2021 18:27 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PKB Ingin Pimpin Koalisi, Demokrat Nilai Masih Terlalu Pagi Bahas Pilpres 2024 Deputi Bappilu DPP PD Kamhar Lakumani. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - PKB berwacana untuk memimpin koalisi dan mengajak PPP dan PAN untuk bergabung. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengungkapkan, partainya belum memprioritaskan koalisi pilpres sebagai agenda.

"Partai Demokrat masih tetap konsisten pada pendirian bahwa 2021 ini masih belum menjadikan agenda Pilpres sebagai priotitas," katanya lewat pesan tertulis, Jumat (17/12).

Menurutnya, terlalu dini Demokrat untuk membicarakan pilpres apalagi tertarik bergabung ke gerbong PKB. Sebab, pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan dengan adanya varian baru.

"Terlalu pagi untuk dibicarakan di kala bangsa kita belum sepenuhnya pulih dari terpaan badai pandemi Covid-19. Apalagi mulai tersebar varian baru Covid-19 varian omicron yang telah melanda Eropa, China dan terdeteksi telah masuk Indonesia," ujarnya.

Dia bilang, sesuai arahan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono, Demokrat masih fokus pada konsolidasi internal dan kerja-kerja lainnya. Pada saatnya, Demokrat akan mengumumkan sikap politik pilpres ke publik.

"Pada saatnya nanti Partai Demokrat akan menyampaikan ke publik terkait respon dan sikap politik Partai Demokrat menghadapi Pemilu 2024 termasuk agenda Pilpres di dalamnya," pungkasnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tertarik membentuk dan memimpin poros koalisi Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menuturkan, PKB cukup mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Pilpres 2024 dengan PPP dan PAN.

"Kalau terkait dengan poros, PKB mau memimpin poros sendiri. Enggak tahu dengan cara apa, tapi saya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu, saya berkeinginan untuk PKB memimpin poros. Mestinya PPP juga ikut karena sama-sama hijau. Tinggal nambah satu lagi, berangkat itu sudah, misalnya PAN itu sudah cukup, berangkat kita. Bismillah," ujar Jazilul melalui keterangan tertulis di Jakata, Kamis (16/12).

Baca juga:
PKS Soal Wacana Koalisi PKB: Publik Perlu Diberikan Banyak Alternatif dalam Pilpres
PPP Terbuka Ajakan PKB Koalisi di 2024 Tetapi Tak Ingin Langsung Bicara Capres
Presidential Threshold dari Pemilu ke Pemilu
PKB Siap Pimpin Koalisi Pilpres 2024, Colek PPP dan PAN
PAN Enggan Bahas Koalisi Lebih Awal, Ingin Fokus Konsolidasi
NasDem Ingin Koalisi dengan Parpol yang Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini