PAN: Jangan Sampai Usulan Debat Bahas Orde Baru Bermaksud Jatuhkan Capres Tertentu

Jumat, 7 Desember 2018 23:45 Reporter : Merdeka
PAN: Jangan Sampai Usulan Debat Bahas Orde Baru Bermaksud Jatuhkan Capres Tertentu Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan agar korupsi di era orde baru jadi tema debat Pilpres 2019 menuai cibiran. Menanggapi hal itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan urusan materi debat Capres lebih baik diserahkan kepada yang berkompeten dan telah diberikan mandat tutk menyusunnya.

Dia meminta PSI tak mengeluarkan pernyataan, yang berimbas terkikisnya suara sendiri.

"Kita sesama teman-teman parpol yang telah duduk di DPR sepakat untuk mendedikasikan waktu yang terbatas ini untuk memenangkan Pemilu dan Pilpres. Sebaiknya parpol baru yang akan berjuang untuk masuk DPR melakukan hal yang sama, dan mengurangi pernyataan, yang justru akan mengikis basis konstituennya," kata Eddy saat dikonfirmasi, Jumat (7/12/2018).

Dia bertanya, apakah tidak ada topik lain yang bisa dijadikan topik pembahasan debat Capres. Sampai-sampai pembahasan tentang kejadian Orba harus dimasukkan.

"Jika agenda debat capres memasukkan pembahasan seputar permasalahan di masa Orba, mengapa tidak pencapaian zaman Orba juga dibahas. Misalnya pertumbuhan industri di kisaran 11 sampai 12 persen, dengan pertumbuhannya saat ini di kisaran 4 persen saja," ungkap Eddy.

Dia menegaskan, harusnya obyektif menentukan agenda debat Capres dan harus melihat kedepan. Meski PAN mendukung Prabowo-Sandiaga, Eddy justru memperingatkan PSI, itu bisa saja merugikan kubunya sendiri.

"Jangan sampai usulan debat capres merupakan salah satu usulan yang bermaksud untuk menjatuhkan capres tertentu, tetapi justru akan membawa-bawa nama sejumlah tokoh senior di pemerintahan saat ini, yang juga merupakan produk Orba," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni mengatakan bertepatan dengan momentum hari antikorupsi sedunia yang jatuh 9 Desember, dia mengusulkan agar korupsi di era orde baru jadi tema debat Pilpres 2019.

"Momentum peringatan hari antikorupsi sedunia yang jatuh 9 Desember nanti jadi semangat untuk membuka diskursus korupsi stadium 4 yang dipidatokan Prabowo di mata asing. Diskursus itu nantinya bisa jadi usulan buat KPU agar korupsi orde baru masuk dalam materi debat capres-cawapres," ucap Raja.

Sekretaris Jenderal PSI ini menilai, usulan itu jauh lebih mendidik masyarakat secara politik. Daripada saling berkilah.

"Usulan ini jauh lebih mendidik masyarakat secara politik. Daripada berkilah bahwa Soeharto bukan simbol KKN, Soeharto bukan guru korupsi," jelas Raja.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini