NasDem dukung Jokowi di 2019, PDIP sebut politik persaudaraan

Senin, 20 Maret 2017 23:46 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
HUT Partai Nasdem. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Setelah Partai Golkar, giliran Partai Nasional Demokrat (NasDem) memberi sinyal kembali mendukung Joko Widodo sebagai bakal calon Presiden untuk Pemilihan Presiden 2019. Keputusan itu tersirat saat deklarasi dukungan NasDem kepada Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat.

Salah satu kesepakatan NasDem dan Ridwan Kamil, mendukung Joko Widodo sebagai capres 2019. Menanggapi ini, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengapresiasi dukungan NasDem kepada Jokowi. Namun, Hendrawan menyebut pihaknya belum memikirkan soal persiapan menghadapi Pilpres 2019.

"Bagus. Kami bergembira banyak pihak telah mengapresiasi kinerja Jokowi. Sebelumnya ada Golkar dan sejumlah ormas. Seperti yang lalu, yang sudah-sudah, PDIP biasanya menjadi gong-nya," kata Hendrawan saat dihubungi, Senin (20/3).

Hendrawan menilai sikap NasDem menunjukkan bahwa partai besutan Surya Paloh itu telah menggunakan akal sehat dan menganut politik persaudaraan. "Demokrasi hanya bermanfaat apabila ada prakondisi menghargai sekaligus mengarusutamakan akal sehat dan politik persaudaraan," ucap Hendrawan.

Meski dukungan kepada Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinannya di periode kedua terus mengalir, tapi semua keputusan tetap berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sekarang masih agak jauh. Putusan soal itu sepenuhnya kewenangan Ketum. Tapi seperti yang sudah-sudah, mereka yang cerdas mampu memahami lika liku dan proses yang dilalui," ucapnya.

[noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.