Milenial cenderung pilih Capres dukung generasi mereka

Kamis, 12 April 2018 18:05 Reporter : Ahda Bayhaqi
Milenial cenderung pilih Capres dukung generasi mereka Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur NGO Forum on Indonesia Development (Infid) Sugeng Bahagijo menilai pemilih generasi milenial akan lebih rasional ketimbang generasi sebelumnya. Maka itu, dalam Pilpres 2019, generasi milenial akan lebih memilih pemimpin yang mampu mendukung cita-cita individu mereka.

"Menurut saya milenial kan pada umumnya rasional. Rasional itu artinya mereka melihat siapa yang lebih berbasis struktural. Siapa yang lebih elite atau tokoh politik yang lebih menyediakan kesempatan untuk mereka berkarir untuk berprofesi untuk cita cita mereka. Itu milenial," katanya di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (12/4).

Dia menjelaskan visi milenial akan menentukan pilihan generasi milenial untuk calon presiden. Apakah tokoh itu mampu mengakomodasi cita-cita, pendidikan, atau juga demi kepentingan bangsa.

"Ada yang sifatnya artinya kebaikan untuk Indonesia gitu. Ada yang lebih untuk diri sendiri kerja dong latihan dong. Mesti sama itu, terus apa lagi, lebih ke pendidikan tinggi aku mau jadi scientis. Macem-macem. Tapi menurut saya, yang semuanya itu lebih rasional," jelasnya.

Sugeng melihat elite politik seharusnya mulai memperhitungkan suara milenial yang tergolong besar ini. Namun, tidak hanya untuk kepentingan elektoral semata, juga untuk perkembangan ke depannya.

"Suara milenial ini jadi penting untuk di akomodir, dan dijadikan agenda utama karena mereka lebih dari politik mereka kan masa depan kita yang akan menentukan indonesia jadi negara maju yang akan menentukan indonesia menjadi lebih legaliter atau lebih inklusif, dan juga yang menentukan Indonesia lebih kebhinekaan itu milenial semua," tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Pilpres 2019
  2. Pemilu 2019
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini