Ma'ruf Upayakan Disabilitas Tak Didiskriminasi soal Hak Pilih

Sabtu, 24 November 2018 22:23 Reporter : Merdeka
Ma'ruf Upayakan Disabilitas Tak Didiskriminasi soal Hak Pilih Maruf Amin. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mendukung antidiskriminasi terhadap seluruh kaum difabel, termasuk penyandang disabilitas mental. Diketahui, hak pilih mereka dalam Pemilu tengah dipersulit dikarenakan masalah mental dipermasalahkan.

"Jadi kita akan diskusikan dan jangan ada warga negara terdiskriminasi, kami akan upayakan baik disabilitas fisik mau pun mental," kata Ma'ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/11).

Upaya tersebut, lanjut Ma'ruf, akan dilakukan dengan langkah dan proses yang benar. Pada intinya, dia berharap jangan ada tebang pilih hak politik sesama warga negara.

"Tentu (caranya) melalui proses ditempuh sebagaimana mestinya tetapi intinya jangan ada yang terdiskriminasi," tegas Ma'ruf.

Ancaman diskriminasi terhadap penyandang disabilitas mental muncul dari hak pilih mereka yang diklaim kelompok pegiat terkait. Mereka mengklaim Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersulit dengan mempertanyakan mengapa diharuskan surat pengantar dokter untuk menunaikan hak pilih.

"Bahwa itu bentuk diskriminasi, tidak ada persyaratan itu dalam undang-undang mana pun, baik UU pemilu, UU disabilitas, konfensi internasional yang menyatakan itu," kata Perwakilan Perhimpunan Jiwa Sehat, Yeni Damayanti.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini