Jokowi Dinilai Lebih Cair ke Prabowo Ketimbang SBY

Sabtu, 12 Oktober 2019 14:15 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Dinilai Lebih Cair ke Prabowo Ketimbang SBY Jokowi Selfie Bareng Prabowo. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai lebih cair saat bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dibanding Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Secara bergantian, Prabowo dan SBY bertemu Jokowi di Istana Negara.

Pakar komunikasi politik UGM, Nyarwi Ahmad menilai, ekspresi Prabowo jauh lebih lepas ketimbang SBY yang terlihat kalem. Dari situ, Jokowi menjadi lebih cair dengan Prabowo.

"Saya melihat yang menarik adalah ekspresi ketika baik Pak Prabowo, Pak SBY ketemu Pak Jokowi mungkin dengan style Pak SBY orang melihat gitu ya kalem, menahan diri, nah Pak Prabowo ekspresif, antusias," katanya saat diskusi 'dinamika politik jelang penyusunan kabinet' di Jakarta, Sabtu (12/10).

"Saya lihat cara Pak Jokowi setelah ketemu beliau untuk menyampaikan konferensi pers, ketika ketemu Pak SBY kan Pak Jokowi bilang ketika ditanya bagaimana Pak kalau (koalisi).. ya itu ditanyakan ke Pak SBY. Sementara dengan Pak Prabowo tidak, lebih cair gitu kan," tambahnya.

Dari situ, Nyarwi menarik kesimpulan, Jokowi lebih membutuhkan Gerindra di pemerintahan dibanding Demokrat. Sebab, ada perbedaan cara penyampaian saat Jokowi ditanyakan soal koalisi ke Prabowo dan SBY.

"Daya tarik Gerindra untuk penyusunan koalisi ini sangat tinggi artinya Gerindra dibutuhkan untuk memperkuat koalisi pemerintahan Pak Jokowi mendatang," jelasnya.

"Saya kok melihat daya tarik Demokrat ini masih belum terlalu kuat," tandas Nyarwi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kembali bertemu Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, kemarin, Jumat (11/10). Prabowo diundang ke Istana Negara untuk berbincang bersama sejumlah permasalahan negara yang tengah dihadapi.

Momen bersejarah ini kemudian ditutup dengan aksi berswafoto keduanya bersama belasan awal media yang meliput agenda tersebut. [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini