Game "Jokowi GO!" duduki peringkat teratas aplikasi populer

Jumat, 4 Juli 2014 20:30 Reporter : Jonas Fredryc Tobing
Game Jokowi GO!. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Aplikasi permainan "Jokowi GO!" menjadi favorit di dua toko aplikasi populer. Hanya dalam kurun waktu sekitar satu minggu sejak diluncurkan, aplikasi Jokowi GO! melesat masuk ke dalam daftar aplikasi teratas versi Google Play Store dan Apple App Store, per Kamis, 3 Juli 2014 kemarin.

Menurut Arief Widhiyasa, pengembang aplikasi "Jokowi GO!," meskipun permainan ini mengandung unsur kampanye, namun diminati sebagai permainan favorit. Ada pesan positif dan semangat optimisme yang sengaja ingin disampaikan melalui aplikasi permainan ini. Hal ini membuktikan jika kampanye pemilu bisa disampaikan melalui cara yang menyenangkan.

"Pesan utamanya, kami ingin mewarnai pesta demokrasi ini dengan kampanye yang positif, kreatif, dan bergembira. Makanya kami bikin game yang bisa menyalurkan kampanye yang keren tetapi pesannya tetap ada dan menyenangkan," ujar Arief yang juga tergabung dalam relawan Generasi Optimis, seperti dikutip DailySocial, Jumat, 4 Juli 2014.

Posisi teratas "Jokowi GO!" boleh dibilang cukup mengejutkan. Dalam chart Top New Free di Google Play Store, "Jokowi GO!" menduduki peringkat pertama mengungguli beberapa judul permainan tenar seperti Angry Birds Epic dan Boom Beach.

Di platform Apple App Store, "Jokowi GO!" juga sangat populer. Dalam chart Top Free, "Jokowi GO!" menduduki posisi 18. Meskipun berada di bawah 10 besar, namun aplikasi "Jokowi GO!" tepat berada di bawah berbagai aplikasi media sosial populer yang telah mendunia.

Dijelaskan Arief, dalam pembuatan game ini, relawan Generasi Optimis sama sekali  tidak diminta oleh tim sukses pasangan Jokowi - JK. Mereka tergerak untuk menciptakan aplikasi ini karena sepakat dengan visi dan misi Jokowi dalam Pilpres 2014. "Kami sangat setuju dengan visi revolusi mental pak Jokowi. Itulah yang membuat kami memulai untuk membuat game ini," terang Arief. 

Untuk diketahui, permainan Jokowi GO! termasuk dalam jenis permainan endless run. Permainan ini mengisahkan seorang relawan yang terinspirasi dengan sosok blusukan Jokowi. Dalam permainan akan ditemui berbagai rintangan yang harus dihindari, dan jika pemain sampai pada level tertentu maka akan berakhir pada tokoh permainan bisa melakukan blusukan bareng Jokowi. Dalam permainan ini juga akan ditemui jargon khas Jokowi: "Aku rapopo".

Ketika terhambat oleh halangan, maka karakter akan mengatakan "Aku rapopo". Hal ini menandakan munculnya semangat optimis dan pantang menyerah. Selain itu juga akan ada image berisi ajakan untuk bersama-sama menyelesaikan masalah bangsa. (skj)

[cza]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial
  3. Indonesia Hebat

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini