Fadel Muhammad Incar Kursi Pimpinan MPR Jatah DPD

Selasa, 17 September 2019 02:28 Reporter : Ahda Bayhaqi
Fadel Muhammad Incar Kursi Pimpinan MPR Jatah DPD fadel muhammad. ©2018 Merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Anggota DPD terpilih Fadel Muhammad mengincar posisi pimpinan MPR periode 2019-2024. Dia menyatakan siap berkomitmen memperjuangkan penguatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Diketahui, dalam UU MD3, satu dari 10 kursi pimpinan MPR merupakan milik perwakilan dari DPD.

Fadel menyebut, DPR dan DPD sebagai unsur MPR perlu mengambil langkah menjaga kesatuan dan persatuan dalam bingkai NKRI. Supaya mengeliminasi gerakan radikal dan memerangi masalah korupsi di daerah.

"Misalnya memberikan porsi peran serta DPD dalam transfer dana ke daerah," ujarnya kepada wartawan, Senin (16/9).

Mantan gubernur Gorontalo itu mengatakan, DPD memiliki peran penghubung pemerintah pusat dan daerah. Karena itu, Fadel nilai senator wajib mempelajari Undang-undang terkait daerah seperti perda.

Fadel juga menyebut DPD punya tugas khusus berhubungan dengan investasi di daerah. Hal itu, kata dia, pernah dilakukan Ginandjar Kartasasmita ketika menjadi Ketua DPD RI. Pemda dipanggil dan dibuat penghargaan.

"Saat ini tidak ada sama sekali, DPD sudah seperti lumpuh, perlu penguatan. Apakah melalui perubahan UU dan kalau tidak bisa melalui perubahan UU maka dilakukan amandemen," jelasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini