Diprediksi survei jadi partai tengah, ini kata Sekjen Golkar

Jumat, 14 September 2018 19:10 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
sekjen golkar lodewijk freidrich. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Survei terbaru LSI Denny JA menempatkan Golkar pada posisi ketiga di bawah PDIP dan Gerindra. Golkar diprediksi hanya menjadi partai tengah bersama Demokrat dan PKB.

Menanggapi hal itu, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich berharap, para kader yang menjadi calon legislatif bekerja terjun turun ke bawah. Menurut mantan danjen Kopassus itu, kekuatan partai berlambang beringin bukan pada persepsi survei.

"Kekuatan Golkar bukan di hasil survei, tapi justru di jaringan," ujar Lodewijk, Jumat (14/9).

Dalam survei LSI Denny JA pada 12-19 Agustus 2018, Golkar hanya mendapatkan 11,3 persen. Survei melibatkan 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Sementara itu, Lodewijk juga kembali mengklarifikasi soal uang Rp 700 juta yang dikembalikan kader Golkar kepada KPK. Menurut dia, kader tersebut mengembalikan atas inisiatif pribadi. Dia menegaskan, hal itu tidak ada kaitan sama sekali dengan Golkar.

"Ini bukan partai, ini individu ya. Jadi bedakan antara individu dan partai," kata Lodewijk.

Dia membantah kabar yang menyebutkan bahwa uang suap juga turut mengalir untuk kegiatan Partai Golkar, yaitu musyawarah nasional luar biasa pada 2017.

Pimpinan Golkar pun sudah berulang kali mengingatkan kepada setiap kadernya agar segera mengembalikan uang itu jika menerimanya.

Lodewijk juga menegaskan, kasus yang menyeret dua politikus Golkar yakni Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham itu tidak ada kaitan dengan Partai. Maka ia menyerahkan kelanjutan kasus itu kepada KPK.

"Jadi, jangan ranah hukum kita bahas di sini, tidak tepat, biar saja berproses," katanya. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Partai Golkar
  2. Pemilu 2019
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini