Didukung UAS, Jagoan PKB dan PAN Keok di Pilkada Rokan Hulu

Jumat, 11 Desember 2020 02:41 Reporter : Abdullah Sani
Didukung UAS, Jagoan PKB dan PAN Keok di Pilkada Rokan Hulu Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) Hafith Syukri - Erizal yang didukung Ustaz Abdul Somad (UAS) mengalami kekalahan. Hal itu terlihat dari hasil Sistem Rekapitulasi (Sirekap) KPU untuk Kabupaten Rohul, Riau dengan suara masuk 37,48 persen.

Hafith dan Erizal didukung 2 partai politik yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Paslon urut 3 berhasil mendapatkan suara di angka 39,5 persen.

Sementara itu, paslon nomor urut 2 Sumiman-Indra Gunawan atau Sukawan menjadi pemenang sementara. Pasangan ini memiliki mesin partai 27 legislator di DPRD Rohul.

Sukawan diusung 6 partai dan 2 partai pendukung yakni Gerindra, Demokrat, PKS, Hanura, PDIP, NasDem dan partai pendukung Gelora dan Partai Bulan Bintang.

Wakil Ketua Bapilu Partai NasDem Dedi Harianto mengatakan, di Rokan Hulu, Sukiman-Indra Gunawan memperoleh 92.323 suara mengungguli paslon yang lain.

"Paslon kami di Rokan Hulu menang. Semua bersumber dari real count tim pemenangan yang didapat dari saksi-saksi TPS. Sampai saat ini ada data yang sudah masuk di atas 95 persen-100 persen. Sehingga nantinya hasil Rekap KPU dengan real count kita tidak akan jauh berbeda," kata Dedi, Kamis (10/12).

Sukawan berhasil mengungguli kedua rivalnya yakni pasangan nomor urut 1 yakni Hamulian SP - M Sahril Topan ST (Hartop). Pasangan Hartop ini hanya berhasil meraup suara dengan total suara diangka dan persentase suara 18,9 persen. Hartop diusung 2 partai politik yakni Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menariknya, Ustaz Abdul Somad (UAS) adalah sosok ulama yang terkenal di Indonesia bahkan internasional itu menjagokan pasangan urut 3 Hafith dan Erizal (Gaspol). Meski KPU belum melakukan pengumuman resminya, sementara pasangan nomor urut 3 masih tetap tertinggal.

Sebelumnya, UAS sebagai Juru Kampanye (Jurkam) Gaspol itu total mengampanyekan paslon Hafith Syukri - Erizal menjadi Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu.

Berdasarkan website resmi KPU pada Kamis (12/10) pukul 20.45 Wib, pasangan nomor urut 3 berjargon Gaspol itu memperoleh 39,5 persen. Sementara pasangan nomor 2 Sukawan meraih 41,4 persen. Sedangkan pasangan urut 1 Hartop masih berada di urutan terakhir yakni 19,1 persen. Data yang masuk sudah 37,48 persen atau 422 TPS dari total 1.126 TPS.

Meski proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Rokan Hulu telah berakhir, tinggal menunggu rekapitulasi perhitungan suara global.

Dari hasil yang dimunculkan tersebut di atas memang belum final. Meski demikian, persaingan cukup ketat setelah pasangan Sukiman-Indra Gunawan masih di unggulkan di sejumlah TPS yang tersebar di Kabupaten Rokan Hulu.

Hingga berita ini diturunkan, Komisi Pemilihan Umum belum mengumumkan secara resmi terkait hasil pemungutan suara pada Pilkada Kabupaten Rokan Hulu tahun 2020.

Ustaz Abdul Somad (UAS) jadi tim kampanye pemenangan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Hafit Syukri - Erizal ST di Pilkada Rohul. Namanya terdaftar dalam Surat Keputusan (SK) paslon tersebut.

"Ya benar, tapi bukan ketua tim kampanye. Hanya tim, kita hanya menerima SK-nya sebagai tim kampanye Hafit - Erizal. SK-nya sudah berarti dia sudah berhak sebagai jurkam," kata Ketua KPU Rohul Elfendri kepada merdeka.com, Kamis (26/11).

Seperti diketahui, pada unggahan vidio Minggu 22 November lalu di akun Facebook UAS sebagai juru kampanye Hafit - Erizal telah dia lakukan di 17 titik daerah Rokan Hulu.

Seperti dikutip dari pernyataan di akun Ulama Daily Life, UAS mendukung pasangan Hafit - Erizal dengan alasan berhutang budi kepada Rokan Hulu. Di mana sebelumnya, UAS dikenal di Indonesia lewat Radio dan TV Madani Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu. Itulah yang membikin UAS sebagai alasan mendukung pasangan tersebut.

"Dulu kami dikenal lewat radio dan tv Islamic Center Rokan Hulu. Dulu sebelum masuk tv nasional di Jakarta, sebelum terkenal orang di mana-mana tv yang pertama memuat Abdul Somad adalah tv Madani Islamic Center Pasir Pengaraian," kata UAS.

"Kalau ada orang bertanya-tanya kenapa UAS datang ke Rokan Hulu jawabannya karena Abdul Somad merasa berhutang budi kepada Rokan Hulu, dan bukan karena Hafit - Erizal," kata UAS sembari iyel-yel coblos nomor 3. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini