Demokrat tegaskan tetap dukung Prabowo meski AHY tak jadi Cawapres

Minggu, 5 Agustus 2018 19:31 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Hinca Pandjaitan sambangi KPK. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan membantah pihaknya mengalami benturan dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) karena berebut posisi cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Demokrat sendiri menjagokan kadernya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Begitu pula PKS yang mendorong Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri.

"Enggak ada (benturan), kalau kemarin dalam dialog kami di (hotel) Grand Melia Pak SBY (Ketum Demokrat) bertemu dengan Ustaz Salim (Segaf), setelah itu mereka bicara dan konferensi pers bersama, smua sepakat diserahkan kepada pak Prabowo untuk berdaulat penuh siapa yang dipilih jadi calon wakilnya," kata Hinca di Cafe Mandailing, kawasan Jakarta Selatan, Minggu (5/8).

"Demokrat sama sekali tidak menyorongkan apa-apa kecuali menyerahkan saja dan Partai partai lain sepakat. Begitu juga PAN sepakat," sambungnya.

Lanjut Hinca, tiap partai juga memiliki mekanisme internal untuk menentukan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung. Misalnya di PAN harus melewati Rakernas, PKS Majelis Syuro, Gerindra Dewan Pembina, dan Demokrat ada Majelis tinggi.

"Nanti masing masing akan membawakan di situ dan akan menyerahkan ke calon presiden Prabowo," ucap Hinca.

Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini juga tak akan kabur dari koalisi jika Prabowo tak meminang AHY. "Kami karena konsekuensi itu menyatakan kewenangan dan kedaulatan penuh pak Prabowo tentang siapa calon wakil presidennya tentu kami tetap setia di sini," tuturnya.

Hinca juga mengakui sampai saat ini belum ada pembahasan power sharing untuk Demokrat bersama koalisi jika Prabowo tak memilih AHY.

"Sama sekali belum, kami baru bicara misalnya visi misi ya itu kan harus dibawa pada hari H itu. Itu kan ga mudah juga kita siapkan," ujar Hinca. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini