Debat Pilpres Ketiga, KPU Bentuk Komite Damai untuk Jaga Kondusifitas

Minggu, 17 Maret 2019 15:01 Reporter : Sania Mashabi
Debat Pilpres Ketiga, KPU Bentuk Komite Damai untuk Jaga Kondusifitas Debat kedua Pilpres 2019. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan persiapan debat calon wakil presiden malam ini, sudah 99 persen. Semua materi dan format diketahui hampir tidak ada perubahan dari skema debat kedua sebulan lalu.

Bedanya, kali ini KPU akan meluncurkan komite damai, sebuah badan khusus membantu ketertiban suasana debat Cawapres 2019. Hal ini diketahui sebagai antisipasi potensi ricuh yang terjadinya di debat sebelumnya.

"Itu sebenarnya untuk banyak hal, bukan karena hanya ricuh saja," kata Arief di Holten Sultan Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Arief mengatakan nantinya para anggota Komite Damai ini akan berkeliling saat debat berlangsung. Tujuannya, menjaga kondusifitas di ruang debat, agar publik dapat merasakan pesan disampaikan dalam debat kali ini.

"Bahwa ini adalah debat, tujuannya adalah penyampaian visi misi sehingga publik bisa dapat informasi soal visi misi kandidat," jelas Arief.

Sebelumnya, KPU mengatakan Komite Damai ini berisi dari 6 orang. Terdiri dari KPU, dan perwakilan tiap timses dan Bawaslu. Seperti Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan Komisioner Bawaslu Mochammad Afifudin.

Dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf diwakili Direktur Program TKN Aria Bima dan Gugus Tugas Khusus TKN Rizal Malarangeng. Kemudian dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, diwakili anggota BPN Putra Jaya Husein serta seorang anggota Direktorat Media dan Komunikasi BPN. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini