BPN Prabowo Nilai Pengerahan Brimob ke Jakarta Perburuk Citra di Dunia Internasional

Selasa, 23 April 2019 19:27 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
BPN Prabowo Nilai Pengerahan Brimob ke Jakarta Perburuk Citra di Dunia Internasional Brimob. merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menanggapi pengerahan 200 personel Brimob untuk membantu pengamanan di Jakarta. Dahnil memandang wacana tersebut berlebihan.

"Saya pikir waspada silakan, jadi terkesan jangan berlebihan gitu ya. Jadi terkesan bahwasanya situasi kita tidak aman," kata Dahnil di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I No 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Menurutnya, pengiriman pasukan tersebut bisa dipandang buruk di mata internasional. Apalagi, personel tersebut berseragam dan membawa senjata. Sehingga menimbulkan kesan gawat darurat.

"Dunia internasional kan tidak paham ketika ada simbol-simbol orang bersenjata dan berseragam di kerahkan dalam jumlah yang besar pasti ada kegawatdaruratan," kata Dahnil.

"Nah itu justru memperburuk citra Indonesia di dunia internasional cara-cara begitu, jadi justru harusnya di era demokrasi pola pola dialogis itu yang dikedepankan," tambahnya.

Sebelumnya, Polda Maluku mengirimkan dua SSK Brimob atau 200 personel ke Jakarta. Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, pengiriman pasukan ini bertujuan untuk membantu pengamanan serta menjaga ibu kota negara dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Butuh perkuatan atau penebalan aparat keamanan di sana dan Brimob Polda Maluku yang dianggap mampu dipanggil ke Jakarta untuk membantu pengamanan ibu kota negara," kata Kapolda Royke dilansir Antara, di Ambon, Senin (22/4).

Permintaan penambahan pasukan ini langsung dari Mabes Polri dan tadi pagi mereka sudah diberangkatkan. Dua SSK Brimob Polda Maluku ini akan bertugas hingga akhir masa penghitungan dan pleno penetapan suara hasil Pemilu serentak 2019 pada akhir Mei 2019 mendatang. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini