Anis Matta Tunggu Respons Masyarakat Jadikan Garbi Partai Politik

Sabtu, 25 Mei 2019 20:18 Reporter : Saud Rosadi
Anis Matta Tunggu Respons Masyarakat Jadikan Garbi Partai Politik Anis Matta. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Ormas Gerakan Arah Indonesia Baru (Garbi) yang diinisiasi Anis Matta terus mengamati situasi perpolitikan di tanah air. Soal kemungkinan jadi parpol baru, Garbi masih menunggu respons masyarakat.

Garbi merupakan ormas yang bergerak dalam pengembangan pemikiran keindonesiaan, dan kepemimpinan. Ide terus ditawarkan ke tengah masyarakat.

"Kalau ada penerimaan yang lebih luas terhadap ide yang kami tawarkan, ormas ini akan lebih dikembangkan lagi," kata Anis ditemui usai buka puasa bersama pengurus Garbi Kalimantan Timur, di Ballroom Hotel Mesra, Jalan Pahlawan, Samarinda, Sabtu (25/5) malam.

Anis yang juga mantan Presiden PKS itu tidak menampik ke depannya Garbi lahir sebagai partai politik baru, dan memberi warna perpolitikan.

"Kita belum memutuskan (Garbi nanti jadi partai politik). Tapi kita lihat dulu responsnya, karena sekarang kita sosialisasikan ide-ide dari Garbi. Kalau toh nanti jadi partai, kita ingin nanti benar-benar partai ini membawa ide baru narasi baru bagi Indonesia," ujar Anis.

Anis sendiri tidak khawatir sebagian besar Garbi diisi kader PKS yang juga masuk sebagai partai pendukung pemerintah. "Kita memang memantau situasi politik dari dekat, terlibat intens di dalamnya. Tapi, kita masih fokus (mengembangkan ide yang diusung Garbi)," terang Anis.

Bagaimana dengan kabar ancaman kader PKS yang masuk ke ormas Garbi bakal dihabisi satu persatu? "Tidak ada masalah. Ini kan orang-orang intelektual. Setelah 70 tahun lebih (Indonesia merdeka), banyak sekali konflik politik berbasis kepentingan jangka pendek, bukan isu jangka panjang. Saya 20 tahun berpolitik, menyadari benar Indonesia perlu sejarah baru. Bukan sekadar jargon kampanye 5 tahunan," tandasnya. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Garbi
  2. Muhammad Anis Matta
  3. Ormas
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini