Aktivis sampai Anak Wapres Lulus Seleksi Wawancara PSI untuk Calon Kepala Daerah

Kamis, 30 Januari 2020 21:00 Reporter : Iqbal Fadil
Aktivis sampai Anak Wapres Lulus Seleksi Wawancara PSI untuk Calon Kepala Daerah Seleksi calon kepala daerah PSI. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak 11 bakal kandidat kepala daerah Tangerang Selatan dan 6 bakal kandidat kepala daerah Surabaya dinyatakan lulus dalam seleksi wawancara terbuka Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Tahap ini merupakan bagian dari Konvensi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pilkada 2020.

"Setelah nilai dari para panelis dijumlahkan dan dirata-rata, diperoleh nama-nama yang lulus," kata Ketua Konvensi PSI, Isyana Bagoes Oka, dalam konferensi pers, Rabu 29 Januari 2020.

Di antara peserta yang lulus adalah mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan dan anak Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah. Dari internal PSI, ada pejuang toleransi Azmi Abubakar, praktisi bisnis komunikasi Kokok Herdhianto Dirgantoro, dan aktivis lingkungan Mikhail Gorbachev Dom.

Berikut daftar lengkap para peserta yang lulus:

Tangerang Selatan:

1. Ade Irawan

2. Azmi Abubakar

3. Fahd Pahdepie

4. Kemal Mustafa Sudarma

5. Kemal Pasya

6. Kokok Herdhianto Dirgantoro

7. Mikhail Gorbachev Dom

8. Muhammad

9. Siti Nur Azizah

10. Suhendar

11. Tomi Patria Edwardy

Surabaya:

1. Budi Santoso

2. Dwi Astutik

3. Firman Syah Ali

4. Gunawan

5. Sally Azaria

6. Zahrul Azhar Asumta

Seleksi terbuka untuk Tangerang Selatan diikuti 18 peserta, sementara untuk Surabaya diikuti 12 peserta.

Mereka diuji para panelis, termasuk panelis independen. Panelis independen yang terlibat di antaranya mantan Menteri Perdagangan yang baru ditunjuk menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu, pakar psikologi politik Hamdi Muluk, ekonom Faisal Basri, mantan Komisioner KPK Bibit Samad Rianto, founder Ruang Guru Iman Usman, dan sineas Ernest Prakasa.

Lulus dari seleksi wawancara terbuka, para peserta akan memasuki tahap sosialisasi ke konstituen mulai 30 Januari hingga 8 April 2020, termasuk di dalamnya menjalani debat antar bakal kandidat. Terakhir, para bakal kandidat akan memasuki tahap survei.

"Keputusan akhir akan didasarkan pada kombinasi nilai wawancara terbuka dan hasil survei dan akan diumumkan akhir April 2020," pungkas Isyana. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini