Yayasan Daarunnajaat Maza bantah pecat guru karena pilih Kang Emil

Senin, 2 Juli 2018 19:31 Reporter : Adi Nugroho
Yayasan Daarunnajaat Maza bantah pecat guru karena pilih Kang Emil Ketua Yayasan Daarunnajaat Maza Gunawan Subianto. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Yayasan Daarunnajaat Maza, Gunawan Subianto membantah kabar yang menyebut ada pemecetan seorang guru kelas 3 SDIT Darul Maza, Robiatul Adawiyah karena perbedaan pilihan saat Pilgub Jabar. Menurut dia, pemecatan yang dinyatakan oleh seorang pengurus yayasan adalah ungkapan pribadi. Bukan atas nama yayasan.

"Bukan mewakili dari yayasan, kami juga baru tahu setelah viral di media sosial," kata Gunawan usai memberikan keterangan kepada Dinas Pendidikan, Kota Bekasi, Selasa (2/6).

Gunawan menegaskan, ada mekanisme dan pertimbangan dalam proses pemberhentian pegawai yayasan. Ini juga harus disertai dengan surat keputusan resmi yang keluarkan oleh yayasan. Masalah Robiatul, kata dia, yayasan tidak mengeluarkan surat pemberhentian.

Robiatul menganggap pernyataan dari Fachrudin, yang merupakan pengurus Yayasan Daarunnajaat Maza, bukan sebuah pemecatan. Apalagi hanya melalui grup WhatsApp. Ini dilatarbelakangi bahwa Robia dianggap tidak sejalan dengan visi dan misi yayasan karena memilih Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Tidak ada intruksi khusus dari yayasan mengenai Pilkada, kami tidak terlibat politik praktis. Yayasan bergerak di bidang sosial kemanusiaan, dan keagamaan," kata dia.

Pihak yayasan akan melakukan evaluasi terhadap Fachrudin, orang yang menyatakan memberhentikan Robia di grup WhatsApp. Evaluasi bisa dilakukan melalui teguran dan lainnya sesuai dengan peraturan di yayasan.

Khusus Robia, yayasan telah menawarkan agar tetap bertahan menjadi tenaga pendidik. Sebab, yayasan kekurangan guru. Robia dianggap sebagai tenaga potensial.

"Tapi beliau (Robia) tidak berkeinginan lagi, jadi ada mekanismenya, jika kontraknya habis maka tak diperpanjang, tapi jika masih diminta mengajukan berhenti," jelasnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini