WN China Kru Kapal Kargo Jalani Tes Kesehatan Sebelum Berlabuh di Pangkep

Jumat, 7 Februari 2020 03:02 Reporter : Salviah Ika Padmasari
WN China Kru Kapal Kargo Jalani Tes Kesehatan Sebelum Berlabuh di Pangkep antisipasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kapal asing dari Hong Kong berlabuh di Pelabuhan Biringkassi, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan pada Rabu 5 Februari kemarin. Kapal ini tidak langsung bersandar karena 21 kru berkebangsaan China harus menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dari Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) terlebih dahulu.

"Baru pukul 12.00 lewat tadi, ada berita dari tim KKP jika 21 kru kapal ini dinyatakan clean, steril atau bebas (dari virus corona)," kata petugas Kesyahbandaraan Biringkassi, Capt Kurniawan Agung yang dikonfirmasi, Kamis (6/2).

Tim KKP yang melakukan pemeriksaan berjumlah sembilan orang. Mereka langsung naik ke kapal lakukan pemeriksaan.

Sebenarnya, kata Kurniawan, pemeriksaan terhadap kru kapan asing memang sesuai Standard Operating Procedure (SOP). Hanya saja, karena kasus virus corona yang merebak di China, maka pemeriksaan terhadap kapal asing harus lebih teliti lagi.

"Dengan merebaknya isu ini (virus corona), kami lebih teliti lagi. Bekerja sama dengan pihak KKP, Imigrasi untuk lebih intens memeriksa," ujarnya.

Kapal itu membawa clinker atau bahan baku pembuatan semen dengan tujuan Taichung, Taiwan. Hingga Kamis siang, kapal berbendera Marshall Island itu masih berada di kolam pelabuhan yang jaraknya sekitar 1 mil dari dermaga.

Kapal baru bisa bersandar setelah hasil pemeriksaan KKP menunjukkan 21 kru kapal steril corona.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Pangkep, AKBP Ibrahim Aji, membenarkan ada kapal asing yang masuk ke Pelabuhan Biringkassi.

"Iya ada kapal asing masuk. Ada anggota di pelabuhan. Kita hanya pantau karena itu domain syahbandar dan instansi terkait lainnya," kata Ibrahim Aji. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini