Wiranto Klaim Punya Bukti Konspirasi Benny Wenda 'Bikin Panas' Suasana di Papua

Kamis, 5 September 2019 18:26 Reporter : Merdeka
Wiranto Klaim Punya Bukti Konspirasi Benny Wenda 'Bikin Panas' Suasana di Papua Menko Polhukam Wiranto. ©2019 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto mengklaim memiliki bukti konspirasi yang dilakukan kelompok Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda, untuk membuat panas suasana di Papua dan Papua Barat.

"Ada, ada buktinya. Tapi kan pemerintah tidak semua informasi untuk kepentingan operasional tidak disampaikan ke publik," ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (5/9).

Menurutnya, konspirasi itu banyak caranya. Mulai dari mempengaruhi sampai ikut merencanakan.

"Namanya konspirasi ini kan banyak cara. Konspirasi itu ada persamaan mindset, kemudian adanya rencana yang menyangkut masalah waktu, masalah kapan dilaksanakan demonstrasi, lalu mana yang harus anarkis mana yang tidak, direncanakan sekarang akan ada lagi hal-hal yang menyangkut mengacau perkotaan. Itu semua ada semua," jelas Wiranto.

Wiranto meminta publik percaya pada aparat keamanan. Pemerintah menjamin, keamanan masyarakat tetap yang utama.

"Tapi percayakan bahwa aparat keamanan itu maksimal untuk mengamankan kepentingan masyarakat, mengamankan kehidupan Papua dan Papua Barat. Dan itu semua demi kepentingan integritas wilayah nasional kita, stabilitas nasional kita," ungkap Wiranto.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat ikut berperan aktif menjaga stabilitas keamanan dalam negeri. Menurutnya, ini bukan hanya tugas pemerintah dan aparat keamanan.

"Ini kan tugas kita bersama, mengamankan negeri ini, menstabilkan negeri ini. Mengamankan Papua dan Papua Barat mendinginkan situasi di sana," ucapnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini