Wiranto: Ada Perusuh Sengaja Buat Kekacauan, Pelaku Preman Bertato

Rabu, 22 Mei 2019 14:04 Reporter : Merdeka
Wiranto: Ada Perusuh Sengaja Buat Kekacauan, Pelaku Preman Bertato Rapat Koordinasi Keamanan Pascapemilu. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menko Polhukam, Wiranto, menyikapi perkembangan pascakerusuhan 22 Mei dini hari di kawasan Tanah Abang dan Petamburan. Pelakunya berbeda dengan kelompok yang berunjuk rasa damai di Bawaslu.

Aksi anarki itu muncul setelah para pengunjuk rasa Bawaslu membubarkan diri dengan damai. Muncullah kelompok lain yang melakukan kekerasan.

"Aksi itu menyerang petugas asrama polisi yang ditinggali keluarga anggota Brimob, di dalam kantor polisi, bakar mobil, dan aksi brutal lainnya yang tujuannya menciptakan kekacauan dan jatuh korban," katanya di Gedung Kemenko Polhukam, Rabu (22/5).

Setelah itu, katanya, kemudian dimunculkan sebuah asumsi seolah petugas keamanan bertindak sewenang-wewenang sehingga ada korban di masyarakat.

"Saya katakan itu tidak benar. Jangan sampai diputarbalikkan," tegas dia.

Wiranto memastikan saat petugas mengamankan demo kemarin, tidak satupun petugas membawa senjata. Persenjataan dipastikan disimpan di gudang.

"Sebab saat demo, petugas diminta tidak bersenjata tidak menggunakan senjata api. senjata di gudang. Mereka hanya pakai perisai, pentungan, dan perlengkapan lain, bukan senjata api. Enggak mungkin petugas bunuh rakyat saat aksi demo," jelasnya.

Menurutnya, perusuh itu adalah preman dibayar yang sengaja ingin membuat kekacauan.

"Nanti Kapolri akan jelaskan, ada yang bertato. Siapa dia, pengakuannya gimana, akan dijelaskan. Jangan sampai dilemparkan ke masyarakat pemerintah sewenang-wenang diktator, aparat seenaknya lawan rakyat. Jangan terkecoh hasutan itu," tegasnya.

"Setelah kita lakukan investigasi, kesimpulan kita ini ada niatan atau skenario buat kekacauan dengan menyalahkan petugas, antipati pada pemerintah, dan membangun satu kebencian pada pemerintah saat ini dengan lakukan upaya kesejahteraan masyarakat kita," katanya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini