Wakil Wali Kota Tangsel Sebut Banjir Tahun Ini Terparah, Merata di 7 Kecamatan

Rabu, 1 Januari 2020 23:37 Reporter : Kirom
Wakil Wali Kota Tangsel Sebut Banjir Tahun Ini Terparah, Merata di 7 Kecamatan Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. ©2019 Liputan6.com/Tommy Kurnia Rony

Merdeka.com - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyebut banjir yang terjadi awal tahun 2020 merupakan yang terparah. Diketahui seluruh kecamatan tidak luput dari banjir.

"Ini banjir paling parah selama ini, karena merata di tujuh kecamatan yang ada," ungkap Benyamin Davnie saat mengunjungi lokasi banjir Perum Pesona Serpong Kecamatan Setu, Tangsel, Rabu (1/1).

Lebih dari 4.000 kepala keluarga (KK) menjadi korban banjir. Di Kecamatan Pamulang terdapat sembilan titik banjir dengan korban mencapai 965 KK. Sementara Kecamatan Ciputat terdapat empat lokasi yang terendam banjir, dengan korban yang terdampak mencapai 1.750 KK.

"Selanjutnya, banjir yang menimpa dua titik di Kecamatan Pondok Aren membuat sekitar 640 KK yang menjadi korban dampak banjir. Kecamatan Serpong Utara terdapat satu titik, yakni Vila Mutiara dengan sekitar 1.400 KK yang terdampak," ucapnya.

Sedangkan Kecamatan Serpong dan Ciputat Timur, belum terdata jumlah KK yang terdampak.

"Laporannya di Serpong ada dua titik banjir, di Ciputat Timur satu titik. Dan yang paling parah adalah di Kecamatan Setu, di perum Pesona Serpong, yang seluruh rumahnya hampir tenggelam dengan air," lanjutnya.

Hingga Rabu malam, hampir seluruh wilayah di Tangsel kembali diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Benyamin menerangkan, bencana banjir yang menerpa seluruh kecamatan di Tangsel ini disebabkan oleh beberapa faktor.

"Curah hujan yang tinggi dan intensitas hujan yang lama, luapan sungai dan anak sungai yang melintasi Tangsel, sedimentasi sungai, kemudian drainase tidak bagus, serta sumbatan sampah, dan beberapa penyebab lain. Ini akan kita evaluasi," terangnya.

Dia telah menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk menyalurkan logistik kepada para korban bencana banjir. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini