Suntikan Tahap Dua Program 1 Juta Vaksinasi di Sumsel Terancam Batal

Jumat, 30 Juli 2021 00:09 Reporter : Irwanto
Suntikan Tahap Dua Program 1 Juta Vaksinasi di Sumsel Terancam Batal Vaksinasi Covid-19 di Stasiun Jakarta Kota. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Penerima program satu juta vaksinasi Covid-19 di Sumatera Selatan terancam batal menerima suntikan kedua. Pasalnya, stok vaksin saat ini terbatas atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy mengungkapkan, vaksinasi kedua bagi peserta yang divaksin selama program itu berjalan pada 26-30 Juni 2021 sangat dimungkinkan tertunda vaksinasi kedua bahkan bisa saja batal. Pada suntikan pertama disalurkan 22 ribu dosis, namun pada suntikan kedua tersedia hanya 11 ribu dosis saja.

"Ini yang kita khawatirkan, jangan sampai pasokan vaksin kedua telat," ungkap Lesty, Kamis (29/7).

Dikatakan, stok vaksin habis sempat terjadi pada dua pekan lalu. Hal itu membuat terjadi penundaan suntikan kedua bagi warga yang sudah mendapat jadwal vaksinasi.

"Kami sudah kirim surat permintaan ke pusat agar segera memasok vaksin karena animo masyarakat sangat tinggi," kata dia.

Lesty menyebut paling tidak 6,4 juta atau 70 persen warga Sumsel harus divaksin dalam rangka mencapai kekebalan komunal. Dengan demikian paling tidak dibutuhkan 12,8 juta dosis, sementara sekarang baru 1,8 juta dosis yang tersalurkan.

"Angkanya masih jauh, padahal sasaran kita 70 persen," tukasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini