Soal Kualitas Udara Buruk, Ridwan Kamil Sebut yang Digugat Pemerintah Bukan Personal

Jumat, 5 Juli 2019 17:24 Reporter : Aksara Bebey
Soal Kualitas Udara Buruk, Ridwan Kamil Sebut yang Digugat Pemerintah Bukan Personal Ridwan Kamil. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi salah satu pihak yang digugat di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat berkaitan dengan kualitas udara ibu kota yang memburuk. Dia digugat secara perdata oleh warga yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Greenpeace Indonesia, dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi).

Kelompok yang menamakan diri Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibukota) itu menilai Ridwan Kamil turut serta lalai dalam menjaga kualitas udara di wilayah Jabar yang secara tidak langsung memperburuk kualitas udara di Jakarta.

Saat dikonfirmasi, Ridwan Kamil mengaku belum bisa berkomentar lebih jauh mengenai gugatan meski sudah mengetahui informasi tersebut.

"Saya belum bisa komentar mungkin besok, saya baru baca," kata Emil kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (5/7).

Meski demikian, pria yang akrab disapa Emil ini akan segera berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Biro Hukum. Setelah itu, dia menyiapkan respons tentang gugatan yang dialamatkan padanya.

Hanya saja, dia menjelaskan bahwa gugatan semacam ini merupakan hal biasa yang bisa terjadi. Apalagi dalam konteks pembangunan. Mantan Wali Kota Bandung ini menegaskan, tuntutan tersebut sesungguhnya tidak ditujukan pada dirinya secara personal.

"Pemerintah dituntut oleh berbagai pihak dalam dimensi pembangunan bukan yang pertama. Tapi tuntutannya institusi bukan ke personalnya," ujar Emil.

Sebelumnya, gugatan Ibukota diterima PN Jakpus hari ini, Kamis (4/7/2019), dengan Nomor Perkara 374/Pdt.G/LH/2019/PN.Jkt.Pst. Selain ditujukan kepada Emil, kelompok tersebut menggugat Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Banten Wahidin Halim. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini