SAR Kupang Siaga di Pelabuhan dan Bandara Jelang Arus Mudik Lebaran

Selasa, 28 Mei 2019 03:04 Reporter : Ananias Petrus
SAR Kupang Siaga di Pelabuhan dan Bandara Jelang Arus Mudik Lebaran Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang Emi Frizer. ©2019 Merdeka.com/Ananias Petrus

Merdeka.com - Mendukung pelaksanaan arus mudik lebaran 2019 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Klas A Kupang melaksanakan siaga SAR khusus arus mudik lebaran dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat tepat aman dan andal.

Tiga titik penting yang akan dilakukan siaga SAR yaitu di bandara El Tari Pelabuhan Bolok dan Tenau Kupang Nusa Tenggara Timur.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang Emi Frizer, kepada wartawan mengatakan walaupun kesiapsiagaan SAR dalam rangka angkutan lebaran dilakukan setiap tahun para personel diharapkan untuk tidak monoton.

"Kesiapan personel peralatan keterampilan dan kesigapan kita serta sistem percepatan respon jika terjadi kecelakaan." katanya.

Emi menambahkan pihaknya akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas. "Kita juga janganlah lengah bahwa tupoksi Basarnas tidak hanya terbatas pada siaga angkutan lebaran tapi juga masih banyak potensi kecelakaan yang membutuhkan penanganan kita bilamana terjadi." ungkapnya.

Sementara untuk peralatan Emi mengaku semuanya telah disiapkan di antaranya Kapal dan juga kendaraan yang akan digunakan di darat.

"Peralatan Rescue kita akan menjadi salah satu faktor yang akan menunjang kinerja kita sehingga perlu diperhatikan kebersihan dan perawatannya agar digunakan selalu siap dan berfungsi dengan baik." tegasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini