Saat Lebaran, 7 Juta Kendaraan akan Melintasi Kota Solo

Kamis, 9 Mei 2019 00:35 Reporter : Arie Sunaryo
Saat Lebaran, 7 Juta Kendaraan akan Melintasi Kota Solo Ojek Online Mangkal di Badan Jalan. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Momen Lebaran 2019, diperkirakan jalan-jalan di Kota Solo akan dipenuhi kendaraan yang melintas. Dinas Perhubungan (Dishub) Solo memprediksikan, kendaraan yang melintas di Kota Bengawan akan naik sekitar 4 kali lipat dibanding hari biasa.

"Prediksi kami saat Lebaran kira-kira 6-7 juta unit kendaraan per hari akan melintasi Kota Solo. Ini sama dengan periode sama tahun kemarin," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Hari Prihatno di Solo, Rabu (8/5).

Pada waktu normal, Hari menyebut, ada sekitar 1,5 juta kendaraan per hari. Kendati demikian, kepadatan tersebut tidak akan kelihatan, mengingat masa libur yang panjang sehingga masyarakat lebih longgar dalam menentukan waktu mudik.

Dinas Perhubungan, lanjut dia, juga mewaspadai sejumlah titik macet, diantaranya Purwosari dan Gilingan. Hari juga bersyukur, keberadaan jalan layang di Manahan, akan mampu memecah kepadatan di kawasan Purwosari.

"Kami juga mengantisipasi kepadatan jalan keluar di pintu tol Klodran, karena kan di sana jalannya menyempit," katanya.

Hari menyampaikan, mulai H-8 Lebaran pihaknya akan menyosialisasikan kepadatan lalu lintas di Kota Solo melalui media massa dan media sosial.
Seperti tahun sebelumnya, mendekati arus mudik mendatang, pihaknya akan membuka posko di beberapa lokasi. Yakni di Jurug, Kadipiro, dan Jalan Adi Sucipto.

"Selama periode mudik kami akan menerjunkan lebih dari 100 petugas di jalanan di Kota Solo," pungkas dia. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini